- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Upaya Pencegahan PTM, Dinkes Gelar Pengecekan Kesehatan Gratis

  • Bagikan

inilahdepok.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis yang diikuti oleh pengunjung, pedagang maupun pengelola pasar.

Kegiatan yang diadakan dari tanggal 19-29 Mei tersebut dilaksanakan di Pasar Cisalak, Pasar Agung, Pasar Tugu, Pasar Depok Jaya, Pasar Sukatani dan Musi.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati menerangkan, kegiatan tersebut adalah bagian dari rangkaian bulan deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dalam memperingati Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh di tanggal 17 Mei lalu.

Baca Juga :  Ini Jumlah Balita di Depok Yang Telah Diimunisasi Polio

“Pemeriksaan kesehatan yang kita lakukan ini sebagai upaya pencegahan dan pengendalian PTM. Seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, pada masyarakat, terutama untuk pengunjung, pedagang dan pengelola pasar,” kata Mary Liziawati.

Pemeriksaan kesehatan tersebut diikuti oleh 729 orang dengan rincian, Pasar Cisalak 117 orang, Pasar Agung 106 orang, Pasar Tugu 114 orang, Pasar Depok Jaya 136 orang, Pasar Sukatani 125 orang serta Pasar Musi 131 orang.

Baca Juga :  Dinkes Kota Depok Roadshow ke Sekolah untuk Tingkatkan PHBS

“Kita mengecek tekanan darah, cek gula darah sewaktu, cek kolesterol dengan indikasi dan konseling terhadap faktor risiko PTM yang telah diketahui dari hasil pemeriksaan itu,” bebernya

Kemudian, Mary menambahkan, kegiatan tersebut juga mendapat dukungan penuh dari para Kepala UPTD pasar karena mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pada umumnya warga pasar adalah usia produktif yang aktif bekerja dan sulit mengatur waktu khusus untuk melakukan cek kesehatan secara berkala ke fasilitas kesehatan, jadi adanya pemeriksaan kesehatan ini begitu diminati,” tandasnya.

Baca Juga :  Jalani Puasa Untuk Pasien TB, Apa Bisa Mengganggu Pengobatan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *