- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Lahan Makam di Depok Masih Butuh Banyak, Raperda Pengelolaan Pemakaman Tegah Dibahas

  • Bagikan
Foto Iustrasi (pixabay)

Inilahdepok.id – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengelolaan Pemakaman tengah dibahas oleh Anggota DPRD Kota Depok.

Mengingat kondisi lahan makam di Kota Depok masih kurang. Fraksi PKS DPRD Kota Depok, Jawa Barat mendukung Raperda Pengelolaan Pemakaman.

Hal itu karena Kota Depok membutuhkan lahan dan petak pemakaman memadai.

“Pemakaman kebutuhan dasar masyarakat jadi lahannya harus memadai di Kota Depok,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Depok Hafid Nasir, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga :  Harga Daging Ayam Alami Kenaikan Mencapai Rp60 Ribu per Ekor di Depok

Hafid Nasir mengatakan Fraksi PKS mendorong agar rancang peraturan daerah pengelolaan pemakaman bisa menjadi peraturan daerah.

Mengingat jumlah penduduk Kota Depok kata Hafid Nasir lebih dari 2,4 juta jiwa dan laju pertumbuhan penduduk 1,2 persen per tahun sehingga membutuhkan lahan dan petak pemakaman yang memadai.

“Catatan UPTD Pemakaman, Pemerintah Kota Depok hanya memiliki 23 TPU dengan total luas lahan 424.200 m2 yang hanya menampung 112.120 petak makam,” tutur Hafid Nasir.

Baca Juga :  BPPD DPRD Depok, Siapkan Tiga Raperda Tingkatkan Pariwisata

Hafid Nasir menilai luas lahan untuk pemakaman di Kota Depok sangat jauh dari kebutuhan sehingga berpotensi ditumpuknya lebih dari satu jenazah di satu petak makam.

“Masih minimnya alokasi anggaran terkait penambahan dan perluasan lahan makam, sarana prasarana dan operasional petugas TPU,”

“Selama ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mahalnya biaya pemakaman yang harus dibayarkan warga ke petugas pemakaman di TPU,” ungkapnya.

Baca Juga :  33 Kasus Warga Depok Terjangkit Kusta

Maka dari itu sambung Hafid Nasir perlu mendapatkan perhatian pemerintah kota dan diharapkan lewat implementasi regulasi Perda Pengelolaan Pemakaman ini, persoalan tersebut dapat secara bertahap direspon dan disolusi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *