- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Situs Batu Megalitik Cibedug, Menjadi Peradaban Kuno di Banten

  • Bagikan
Situs Lebak Ciledug Banten ( Foto Instagram @visitbanten. id)

Inilahdepok.id – Situs Batu megalitik Cibedug, yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten, menawarkan sebuah jendela ke masa lalu yang tak ternilai harganya.

Para arkeolog memperkirakan bahwa situs ini berasal dari Zaman Neolitikum, merangkum periode sekitar 1500 hingga 2500 SM.

Dari segi administratif, Situs Lebak Cibedug terletak di Kampung Cibedug, Kelurahan Citorek Barat, Kecamatan Cibeber.

Baca Juga :  Hebat...Polisi Grebek Sabu 1 Ton Senilai Rp 1,5 Triliun di Anyer

Dengan koordinat UTM 48 M X 0642875 dan Y 9257504, serta ketinggian elevasi sekitar ± 877 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Batas-batas Situs Lebak Cibeduk mencakup Sungai Cibedug di sebelah utara, selatan, dan barat, sementara di sebelah timur berbatasan dengan Bukit Pasir Cimanggu.

Luasnya mencapai ± 40.400 m², sesuai dengan SK Menteri No. 139/M/1998.

Baca Juga :  Apa Itu Work From Home, Begini Penjelasannya

Menggambarkan kehidupan dan kepercayaan masyarakat kuno, formasi batu megalitik di daerah Lebak, Banten, menjadi fokus penelitian dan kekaguman.

Melalui ukiran manusia, hewan, dan simbol keagamaan, situs ini memberikan petunjuk penting tentang kehidupan sosial dan spiritual pada masa itu.

Tak hanya sekadar peninggalan sejarah, Situs Megalitik Lebak Cibedug memainkan peran penting dalam membangun narasi tentang perjalanan peradaban manusia di Nusantara.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *