- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Pembangunan Alun-alun Depok, Qurtifa Wijaya: Bisa Tingkatkan Sektor Ekonomi

  • Bagikan
Anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Qurtifa Wijaya.

inilahdepok.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini tengah membangun alun-alun di wilayah barat.

Anggota Komisi B DPRD Depok, Qurtifa Wijaya mengatakan jika pembangunan alun-alun jelas bisa berdampak terhadap ekonomi seperti peningkatan pariwisata, nilai properti, lapangan pekerjaan, hingga berkembangnya sektor UMKM.

“Jelas ada dampak ekonomi adanya pembangunan alun alun di Depok bagian Barat (di beberapa sektor ekonomi),” ujar Qurtifa Wijaya, Selasa (12/9/2023).

Kemudian, Qurtifa Wijaya menjelaskan bahwa pembangunan alun-alun juga bisa meningkatkan sektor pariwisata karena terdapat situ, sehingga itu bisa menjadi destinasi wisata lokal.

Baca Juga :  Ini Opsi Qurtifa Wijaya Perihal Pembuangan Sampah di TPPAS Lulut Nambo

Tetapi, alun-alun ini tentu saja harus dikelola dengan baik dan terawat agar dapat menarik para wisatawan dari berbagai daerah.

“Alun-alun yang indah dan terawat dengan baik ini nantinya bisa menarik wisatawan yang berpotensi meningkatkan pendapatan daerah lewat destinasi wisata dan sektor terkait seperti restoran, penginapan, dan toko suvenir,” jelasnya.

Dampak ekonomi selanjutnya yakni terkait peningkatan nilai properti karena ada daya tarik lingkungan sekitar dan pendapatan asli daerah dari sektor pajak pun juga bisa meningkat.

Baca Juga :  Bupati Bogor Terjaring OTT KPK, Ini Singkat Karir Ade Yasin

Bahkan peningkatan nilai properti tersebut mampu menguntungkan pemilik properti.

“Pembangunan alun-alun biasanya bisa meningkatkan daya tarik lingkungan sekitarnya yang bisa menyebabkan kenaikan nilai properti di daerah itu,” ucapnya.

“Juga dapat meningkatkan pendapatan pajak properti bagi pemerintah kota,” terang pria yang merupakan calon Anggota legislatif DPRD Jawa Barat Dapil Kota Depok dan Bekasi dari PKS.

Lebih lanjut, kata Qurtifa, proyek konstruksi dan operasi alun-alun juga bisa menciptakan lapangan kerja lokal baik dalam pembangunan fisiknya atau dalam layanan yang berkaitan dengan keberadaan alun-alun.

Baca Juga :  Inilah Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022 !

Setelah itu dorongan UMKM di mana alun-alun tersebut berpotensi menjadi tempat yang ramai dikunjungi.

“Alun-alun jadi tempat yang bisa mendukung usaha mikro dan kecil seperti pedagang kaki lima, penjual makanan, dan pedagang suvenir,” bebernya.

Lalu dampak pembangunan alun-alun di bagian barat Kota Depok ini juga adanya peningkatan infrastruktur.

Qurtifa menuturkan bahwa pembangunan alun-alun biasanya diikuti dengan perbaikan infrastruktur seperti jalan, trotoar, dan penerangan jalan.

“Perbaikan infrastruktur ini bisa meningkatkan aksesibilitas dan meningkatkan nilai ekonomi di sekitarnya,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *