- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Inilah Jenis-Jenis Fobia Berikut Artinya, Bisa Berdampak Depresi dan Stres

  • Bagikan
Ilustrasi

Efek dan dampak dari seseorang yang mengidap penyakit fobia sangat berbahaya, salah satunya mengalami ketakutan dan kecemasan berlebihan yang mengakibatkan tremor, nyeri perut, nyeri dada, berkeringat, mual, pusing, bahkan merasa sesak.

Jika fobia tidak ditangani dengan baik maka dapat mengganggu aktivitas sekolah, kerja bahkan hubungan kamu.

Penyebab Fobia

Penyakit atau gangguan kecemasan satu ini dapat disebabkan oleh dua faktor, di antaranya faktor genetik dari lahir dan juga lingkungan sekitarnya yang memicu penyakit fobia, seperti jatuh dari ketinggian, pernah merasakan tenggelam, dan lainnya.

Jenis Fobia dan Artinya

1. Acrophobia (Takut akan ketinggian)
Jenis Fobia pertama satu ini banyak orang mengalaminya yakni takut akan ketinggian dari tanah. Ketakutan tersebut umumnya akan menimbulkan pusing, sakit kepala bahkan dapat mencapai vertigo.

2. Ophidiophobia (Takut pada ular)
Jenis Fobia kedua yang dialami banyak orang yakni Ophidiophobia. Fobia satu ini dapat diartikan dengan kecemasan takut pada ular berbisa dan reptil. Apabila pengidap Fobia ini melihat seekor ular maka akan menjerit, melompat dan menangis.

Baca Juga :  Seru dan Pecah, Alumni SMA Negeri 66 Angkatan 93 Gelar Halal Bihalal

Umumnya seseorang mengidap gangguan tersebut karena memiliki pengalaman pahit yang traumatis seperti mendengar desisan ular hingga digigit ular.

3. Cynophobia (Takut pada anjing)
Fobia satu ini memiliki ketakutan pada hewan peliharaan seperti anjing. Seseorang yang memiliki Fobia satu ini akan menjauhi teman yang memelihara seekor anjing. Fobia satu ini bisa terjadi karena lingkungan dan traumatis seperti pernah dikejar anjing maupun digigit oleh hewan satu ini.

Baca Juga :  Ini Bahaya Jika Konsumsi Kafein Berlebihan

4. Trypanophobia (Takut pada suntikan)
Di antara kalian pasti memiliki kecemasan seperti takut jarum suntik. Jika iya, maka kamu mengidap fobia Trypanophobia yakni takut pada jarum suntik.

Sakit yang dirasakan pada jarum suntik ternyata dapat mengakibatkan traumatis yang mendalam kepada seseorang. Jika pengidap satu ini bertemu dengan jarum suntik pasti akan mendatangkan respon takut, cemas, keringetan bahkan bisa menyebabkan pingsan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *