- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Satuan Tugas Covid-19 : Indonesia Telah Mampu Melewati Puncak Varian Omicron

  • Bagikan

inilahdepok.id – Satuan Tugas (Satgas)Penanganan COVID-19 menyebut Indonesia berhasil melalui puncak COVID-19 varian Omicron. Salah satu indikatornya adalah kasus Corona mingguan di Indonesia menurun secara berturut-turut.

“Indonesia telah berhasil melalui puncak Omicron yang ditunjukkan dengan perbaikan-perbaikan data-data kasus secara menyeluruh. Hanya dalam 3 minggu berturut-turut kasus positif mingguan telah turun sebesar 64%, setelah mencapai puncak tertinggi pada pertengahan bulan Februari silam,” kata juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/3/2022).

Selain itu, Wiku menyebut kasus kematian Corona mulai menunjukkan tren penurunan hingga 10%. Menurutnya, perbaikan juga tampak pada data kasus aktif, kesembuhan, dan bed occupancy rate (BOR).

“Jika pada minggu lalu terdapat 470.000 kasus aktif, di minggu ini hanya terdapat 340.000 atau 5,82%. Tentunya didukung pula dengan semakin bertambahnya orang yang telah sembuh,” ucap Wiku

“Minggu ini terdapat 270.000 orang sembuh yang meningkatkan persentase kesembuhan hingga mencapai 91,6%. Sementara minggu lalu persentase kesembuhan hanya sebesar 89,9%,” imbuhnya.

Wiku melanjutkan penurunan kasus aktif dan peningkatan kasus sembuh berdampak turunnya angka keterisian tempat tidur rumah sakit. Saat ini, sebut dia, angka keterisian tempat tidur rumah sakit sebesar 20%.

“Penurunan kasus aktif dan meningkatkan kesembuhan ini pun berdampak pada turunnya angka keterisian tempat tidur. Jika pada tanggal 6 Maret 2022 terdapat hampir 30% tempat tidur terpakai, saat ini angkanya telah turun dan tertanggal 13 Maret 2022 hanya terdapat sekitar 20%,” paparnya.

Wiku menuturkan data di atas menunjukkan keberhasilan Indonesia melewati puncak varian Omicron. Menurutnya, capaian ini merupakan buah dari kepatuhan masyarakat menerapkan kebijakan pengendalian yang telah dirumuskan oleh pemerintah.

“Untuk itu, kami berterima kasih kepada masyarakat yang dengan kesadaran tinggi telah turut serta dalam melindungi satu sama lain berkat kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan 3M, antusias melengkapi vaksin lengkap dan booster serta pemenuhan syarat lainnya di masa pandemi ini,” katanya.***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.