- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ada 3 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan loh !

  • Bagikan
ilustrasi

Inilahdepok – Bunga telang (Clitoria ternatea L.) adalah tanaman yang tersebar di berbagai wilayah dengan iklim tropis dan subtropis di Asia dan Pasifik, Amerika dan Karibia, Afrika, serta Australia.

pengobatan tradisional, bunga telang terbilang istimewa.Pasalnya, seluruh bagiannya, mulai dari akar hingga bunga, diyakini memiliki manfaat kesehatan yang besar.

Sitem pengobatan Ayurveda yang berasal dari India menganggap bunga telang sebagai obat yang penting.  dilihat dari penyebutan bunga telang dalam bahasa Hindi, yakni aparajita yang berarti “yang tidak terkalahkan”.

Bunga telang juga setidaknya disebut dalam dua kitab utama pengobatan Ayurveda, yaitu Charaka Samhita dan Sushruta Samhita. Dirangkum dari artikel “Manfaat Bunga Telang (Clitori Tanutae L.) bagi Kesehatan Manusia” dalam Journal of Functional Food and Nutraceutical,

3 manfaat bunga telang untuk kesehatan yang penting kita ketahui :

1.Sebagian besar peneliti mengatakan bahwa kemampuan bunga telang untuk mereduksi senyawa radikal masih lebih rendah, jika dibandingkan vitamin C. Meski demikian, studi terhadap aktivitas antioksidan dalam 15 jenis bunga menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan ekstrak bunga telang merupakan salah satu yang tertinggi.

2. Antidiabetes Diabetes merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dan masalah pada metabolisme lipoprotein. Efek menurunkan kadar gula darah dari ekstrak bunga telang telah dibuktikan melalui beberapa penelitin. Salah satu penelitian memberikan ekstrak air bunga telang secara oral pada tikus. Hasilnya, glukosa serum dan glikolisasi hemoglobin serta meningkatkan insulin serum dan glikogen otot serta tulang. 

3. Antiobesitas Dalam rangkaian kajian terhadap aktivitas ekstrak bunga telang melawan diabetes pada tikus percobaan, peran bunga ttelang untuk menurunkan trigliserida dan total kolesterol darah sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Selain tiga manfaat yang telah disebutkan, bunga telang juga masih memilki berbagai manfaat, seperti antimikroorganisme, hepatoprotektif, dan lain-lainnya.

(op.id*)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *