- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Inilah Fakta dan Mitos Kisah Seputar Bra dan Payudara, iihh!

  • Bagikan
Ilustrasi

Inilahdepok Lifestyle – Gillian Anderson, salah seorang bintang serial Sex Education, belum lama ini berhasil mengejutkan publik. Pasalnya ia mengumumkan telah berhenti menggunakan bra karena dianggapnya tidak nyaman. Aktris yang diketahui berdarah Inggris-Amerika itu mengungkapkan tak bakal memakai bra lagi walau payudaranya akan turun sampai ke pusar.

Perihal tersebut memicu rasa penasaran apakah yang sebenarnya mitos dan fakta terkait kesehatan payudara.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar itu seperti dilansir dari The Sun, Jumat, 16/7/2021.

1. Ukuran payudara berubah berdasarkan cuaca

Pernyataan itu bisa tergolong fakta. Katie Weir, alias The Bra Whisperer, mengatakan,

“Dalam cuaca panas, tubuh kita membengkak,

termasuk payudara kita,

yang bisa bertambah sekitar setengah ukuran cangkir.”

“Saat panas, tubuh menjadi kurang efisien dalam mengeluarkan cairan dari jaringan, yang menyebabkan pembengkakan di area dada. Ini bersifat sementara, tetapi mengenakan bralette atau crop top di hari yang panas akan memberikan lebih banyak keleluasaan,” jelas dia.

Sementara, seorang ahli bedah kosmetik Paul Banwell memaparkan beberapa wanita mengalami perubahan ukuran payudara berdasarkan siklus hormonal, kebiasaan diet, dan tingkat stres. “Sangat sulit untuk mengatakan apakah ukuran payudara berubah di musim panas karena sementara itu mungkin terjadi pada beberapa orang, itu tidak akan terjadi pada orang lain,” paparnya.

2. Gunakan bra yang pas

Mengenakan bra yang pas disarankan oleh para ahli. Tidak hanya bisa menunjang payudara dengan baik, tetapi juga diperlukan untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya kanker payudara.

“Melihat setiap perubahan lebih awal adalah kunci untuk memastikan kanker payudara didiagnosis pada tahap dapat diobati,” kata Sophie Dopierala-Bull, dari Coppafeel.

“Baik dengan memperlakukan mereka dengan bra pas atau memeriksa payudara berarti anda lebih mungkin untuk memperhatikan ketika ada sesuatu yang tidak cocok untuk anda,” imbuhnya.

3. Olahraga memperbaiki bentuk payudara

Pernyataan itu adalah tepat. Olahraga memang tidak bisa membuat payudara lebih besar, namun gerakan seperti push-up bisa membuatnya lebih kencang. Cecilia Harris, kepala pelatih pribadi untuk aplikasi kesehatan dan kebugaran Results Wellness Lifestyle, mengatakan otot-otot dada yang merentang lebar adalah rahasia mengencangkan area dada.

“Membangun kekuatan pada otot-otot

ini akan mengencangkan dan mengangkat area dada.

Ini seperti memberi diri anda pekerjaan payudara gratis,”

terangnya.

Ia pun menyarankan gerakan push-up untuk mengencangkan payudara, yakni dimulai dengan posisi high plank. Tangan diletakkan di lantai dan pergelangan tangan berada di bawah bahu. Perlahan turunkan dada ke arah lantai dengan menekuk siku kemudian dengan kuat, dorong kembali ke posisi awal.

“Jika anda seorang pemula, berlututlah. Ulangi beberapa kali.”

4. Diet ketat mengendurkan payudara

Faktanya, bahwa diet akan membuat payudara menjadi kendur. Ahli bedah plastik dan kosmetik Paul Banwell mengungkapkan,

“Beberapa orang berpikir bahwa menurunkan berat badan akan membuat payudara mereka tidak kendor, tetapi sayangnya tidak demikian.”

Ia menjelaskan, diet ketat tidak hanya sering menyebabkan kekurangan banyak vitamin dan mineral utama, namun membuat tubuh Anda ke mode kelaparan. Akibatnya, alih-alih membakar lemak, kondisi itu memberi sinyal ke tubuh anda untuk menyimpan cadangan lemak dan membakar jaringan tanpa lemak.

“Hal ini dapat menyebabkan hilangnya otot serta jaringan di sekitarnya, yang terjadi begitu cepat sehingga kulit anda tidak memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan, dan hasilnya adalah kulit yang kendur,” jelasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *