- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Pola Hidup Sehat Wajib Dilakukan di Pandemi Covid-19, Ini Langkahnya

  • Bagikan
Pecinta sepeda lipat (seli) sedang melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Foto : Pakde Iyok

Inilahdepok.id – Di kala pandemi Covid-19. Perlu menerapkan pola hidup sehat, karena tidak hanya melindungi diri dari beragam penyakit, tetapi juga kesehatan mental.

Dikutp dari Alodokter.  Hal-hal apa saja yang termasuk dalam pola hidup sehat? Mari ketahui jawabannya dalam artikel berikut.

Pola hidup seseorang umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup dan aktivitas sehari-hari. Rutinitas yang padat bisa saja berpengaruh terhadap pola makan, waktu tidur, hingga bisa menyebabkan stres.

Baca Juga: Dua Buah Lokal Ini Mampu Buat Wajah Bersih dari Jerawat

Seiring waktu, kebiasaan ini bisa berdampak terhadap daya tahan tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat setiap harinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Terapkan Pola Hidup Sehat Ini

Apa pola hidup sehat itu? Berikut ini adalah delapan langkah yang dapat Anda terapkan dalam menjalani pola hidup sehat:

  1. Ketahui kondisi kesehatan saat ini

Kenali kondisi kesehatan Anda saat ini, mulai dari riwayat kesehatan, alergi, hingga penyakit kronis yang diderita. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda secara keseluruhan dan mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya penyakit yang diderita.

  1. Lakukan aktivitas fisik

Perhatikan kembali rutinitas Anda sehari-hari. Apakah aktivitas Anda hanya didominasi dengan duduk dan mengetik di komputer sepanjang hari? Bila iya, berarti Anda kurang bergerak aktif.

Baca Juga: Perbaiki Hati Dengan Kajian Kitab Nashoihul Ibad

Padahal, para ahli merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit setiap minggu untuk mengencangkan otot. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga.

Anda bisa memilih aktivitas yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan. Tidak harus yang bersifat berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga juga dapat dilakukan di sela kesibukan Anda.

  1. Catat makanan yang dikonsumsi

Jika memiliki masalah berat badan atau kebiasaan pola makan tidak sehat, Anda bisa mencatat makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Catatan ini bermanfaat untuk mengontrol asupan makanan dan sebagai pengingat, sehingga Anda bisa mengurangi konsumsinya untuk menjaga tubuh lebih sehat.

Anda disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran, setidaknya 4 porsi buah-buahan dan 5 porsi sayuran dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

  1. Perhatikan kehidupan sosial

Perhatikan kembali hubungan Anda dengan pasangan, keluarga, rekan kerja, atau atasan. Secara tidak langsung, interaksi Anda dengan orang-orang sekitar bisa berdampak terhadap kesehatan mental dan tentu saja tubuh Anda.

Lingkungan sosial bisa menjadi tempat Anda bertukar pikiran, berkeluh kesah, menemukan solusi, hingga menyampaikan opini. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk sekadar bercengkerama dengan orang terdekat.

  1. Hentikan kebiasaan buruk

Gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau konsumsi minuman beralkohol, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Ada beragam penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan buruk ini, seperti penyakit jantung dan paru-paru, PPOK, diabetes, hepatitis, hingga kanker.

  1. Konsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan

Konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah secara teratur, guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Anda bisa mulai mengolah makanan sendiri sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang dikomsumsi.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, dengan minum air putih setidaknya 6–8 gelas setiap harinya. Terpenuhinya cairan tubuh dapat menjaga fungsi seluruh organ dan mencegah berbagai penyakit, seperti dehidrasi dan konstipasi.

  1. Kelola stres

Stres dalah hal yang sulit untuk dihindari. Namun, Anda bisa belajar mengelolanya dengan meluangkan waktu untuk rileks, baik dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Mensyukuri hal-hal yang sudah Anda capai dan miliki juga bisa membuat jiwa lebih tenang.

  1. Cukupi waktu istirahat

Istrihat cukup adalah kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat. Usahakan untuk tidur setidaknya 7–8 jam setiap malamnya dan bangun di jam yang sama.

Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik bisa menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

Menjalani pola hidup sehat memang tidak mudah. Salah satu hal yang paling sulit dilakukan adalah mempertahankan kebiasaan hidup sehat ini. Keinginan untuk memulai pola hidup sehat bisa saja menurun ketika niat tersebut tidak cukup kuat.

Oleh karena itu, diperlukan disiplin dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Dukungan orang terdekat juga bisa membantu Anda untuk terus menjalani pola hidup sehat ini.

Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Sebagai langkah awal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menyusun menu makanan sehat yang sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *