- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Butuh Bantuan Logistik Saat Isoman, Begini Caranya

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono memberikan bantuan sembako kepada pengurus makam TPU Tapos. (ist)
ilutrasi bantuan.(ist)

Inilahdepok.id – Bagi masyarakat Kota Depok yang melaksanakan isolasi mandiri (Isoman) di rumah karena terpapar Covid-19. Bisa meminta bantuan untuk meringankan beban selama isoman.

Sebab, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menyediakan bantuan logistik bagi warga prasejahtera yang melakukan isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19. Bantuan sudah didistribusikan sejak  28 Juni 2021.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki Handayani mengatakan, alur pertama permohonan bantuan logisitik dilakukan melalui kelurahan. Setiap kelurahan dapat mengajukan bantuan bagi warga prasejahtera di wilayahnya yang melalukan isoman.

Baca Juga: https://inilahdepok.id/2021/07/08/prakiaan-bmkg-cuaca-depok-bogor-8-juli-siang-hingga-malam-cerah/

“Pertama kelurahan melalukan permohonan ke Dinsos, dengan data yang lengkap berbentuk excel. Nanti akan kami verifikasi karena prioritas adalah yang prasejahtera,” katanya dilansir dari situs resmi Pemkot Depok.

Ia menjelaskan, setelah verifikasi, logistik akan diberikan kepada kelurahan untuk didistribusikan kepada warga. Bantuan logistik terdiri dari dua paket.

Baca Juga: https://inilahdepok.id/2021/07/03/pemerintah-percepat-penyaluran-bansos-menko-pmk-paling-lambat-pertengahan-juli/

“Paket 1 isinya beras 5 kilogram, 1 liter minyak goreng, kecap dan saos 1 botol dan sebagainya. Sedangkan paket dua isinya mie instan 14 bungkus, 1 kaleng ikan sarden besar dan biskuit satu bungkus,” pungkasnya.

Sementara itu, Pemerintah resmi memberlakukan PPKM Darurat Jawa-Bali. Maka dari itu pemerintah juga akan mempercepat penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat yang direncanakan pada pertengahan Juli 2021.

“Penyaluran bansos akan diberikan paling lambat pada minggu kedua bulan Juli. Bansos akan bisa disalurkan ke seluruh pelosok Tanah Air kepada keluarga penerima manfaat yang membutuhkan,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melalui keterangannya.

Ia telah melakukan koordinasi dengan beberapa kementerian/lembaga terkait guna mempercepat sekaligus memastikan penyaluran bansos tepat sasaran PKH 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) Program Sembako 18,8 juta KPM, dan perpanjangan BST Mei-Juni 10 juta KPM.

Baca Juga: https://inilahdepok.id/2020/12/07/mensos-ketangkap-kpk-begini-kronologisnya/

“Tujuannya adalah untuk menyinkronkan agar bansos bisa disalurkan secepat mungkin dan cakupannya betul-betul tepat sasaran. Yang paling utama agar masyarakat yang paling terdampak, yaitu mereka yang ada di lapisan terbawah bisa terbantu dengan adanya bansos yang akan digulirkan nanti,”kata Menko PMK melalui keterangannya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *