- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Dianjurkan Penyembelihan Hewan Kurban di Tempat Rumah Pemotongan Hewan

  • Bagikan

Inilahdepok. id – Pemerintah Kota Depok telah mengeluarkan peraturan pelaksanaan kurban di Idul Adha di tengah pandemi Covid- 19.

Salah satunya para pengkurban di Depok dianjurkan untuk menyembelih hewan kurbanya di tempat pemotongan hewan kurban Rumah Pemotongan Hewan (RPH) atau tempat penyembelihan hewan lainnya. Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

“Kami anjurkan memotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) atau tempat penyembelihan hewan lainnya itu lebih baik,” kata Imam.

Hal itu dilakukan untuk menjaga ketertiban dan tidak ada kerumunan di tengah masyarakat.

Selain itu juga Imam Budi Hartono (IBH) menyampaikan lagi, proses menjual atau memilih hewan, dan pendistribusian.

Ia menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ingin melindungi pedagang, pembeli dan warga di sekitar lokasi dagang.

Untuk itu, ia meminta kepada pedagang hewan kurban agar bekerja sama dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

Lanjut dia, jika pemotongan dilakukan di lingkungan masyarakat harus dipastikan tidak terjadi kerumunan. Selain itu, yang hadir di lokasi hanya penyembelih dan panitia kegiatan.

“Jika diperlukan tes antigen itu sangat baik. Sebab, orang yang hadir di lokasi pemotongan merasa aman, tidak ada yang positif Covid-19,” jelasnya.

“Warga Depok selamat berkurban, Semoga Allah berikan kemudahan,” pungkas Imam.

Terpisah, Tempat Pemotongan Hewan (TPH) CV Puput Bersaudara mendukung peraturan Pemerintah Kota Depok sebagai upaya menghindari kerumunan banyak orang saat penyembelihan hewan kurban.

TPH yang dimiliki CV Puput Bersaudara di Kota Depok sudah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Alhamdulillah, tempat rumah pemotongan hewan kami sudah ada sertifikat halal yang dikeluarkan MUI, ” kata pemilik TPH CV Puput Bersaudara, H. Didik Priyanto ketika ditemui di Jalan Caringin, Gang Jangal, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok.

Tak hanya itu, H. Didik Priyanto juga mengatakan, para petugasnya pun sudah memiliki sertifikat dan terlatih untuk memposes penyembelihan hewan kurban.

“Petugas kami sudah dilatih dan sudah ada sertifikasi halal. Ketika nanti penyembelihan para petugas kami akan menjalani swab test antigen, ” kata H. Didik.

Jual Aneka Jenis Sapi Kurban

Sementara itu, CV Puput Bersaudara juga menjual aneka jenis sapi, kambing, dan domba kurban di Idul Adha tahun ini.

Jenis sapi yang dijual dari Australia, Bali, NTT, Bima, dan Jawa Timur. Kata dia, sapi yang dijual untuk hewan kurban harganya perkilogram Rp 60.000 .

“Kita tidak menjual harga kisaran. Kita menjual sapi perkilo ya Rp 60 ribu. Kita sediakan sapi kelas A, B, C, dan super. Jadi harganya tergantung berat sapi. Kalau berat 300 kilogram dikalikan saja Rp 60 ribu, ” kata H. Didik.

Ia menambahkan bagi pembeli sapi. CV Puput Bersaudara memfasilitasi penyembelihan di tempat tempat pemotongan hewan dengan menyediakan fasilitas Zoom.

Sehingga, pengkurban atau pembeli hewan kurban cukup melihat meeting zoom yang disediakan.

“Kita bantu penyembelihan hewan kurban dan kita fasilitasi zoom agar pengkurban bisa melihat hewan kurbannya disembelih di tempat pemotongan hewan yang kami miliki, ” kata dia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *