- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Jokowi Umumkan PPKM Mikro Darurat Akan Diberlakukan di Jawa dan Bali

  • Bagikan
Ilustrasi

Inilahdepok Nasional – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM skala mikro darurat akan segera diberlakukan dalam waktu dekat. Perihal ini diumumkan Presiden Jokowi saat membuka acara Munas ke-VIII Kamar Dagang Industri ( Kadin) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

PPKM mikro darurat segera dilakukan melihat peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia yang sangat tinggi sekarang ini. Kini rencana itu sedang dalam tahap difinalisasi.

“Ini upaya yang terus kita lakukan dan hari ini ada finalisasi kajian,” kata Presiden Jokowi

seperti dikutip dari Channel YouTube Sekretarian Presiden, Rabu (30/6/2021)

Terkait kebijakan yang akan diterapkan dalam peraturan tersebut, Jokowi mempercayakan hal itu kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Ini diketuai Pak Airlangga untuk memutuskan diberlakukannya PPKM Mikro darurat. Enggak tahu keputusannya 1 minggu atau 2 minggu (diberlakukannya PPM Mikro darurat),” ujar Presiden Jokowi.

PPKM Mikro Darurat akan Diterapkan di 44 Kabupaten dan Kota

Jokowi merinci, PPKM Miro darurat yang akan diterapkan di Pulau Jawa dan Bali mencakup 44 kabupaten/kota dan 6 provinsi.

“Jadi ini memerlukan treatment khusus

yang ada di dalam indikator laju penularan WHO,”

imbuh Jokowi.

Kemudian, Khusus di Jakarta, Jokowi memberi contoh, Jakarta Barat diketahui sudah hampir semua terpapar Covid-19 di RT dan RW nya. Sehingga kebijakan PPKM Mikro darurat bersifat mendesak.

“Sehingga harus ada sebuah keputusan yang tegas untuk menyelesaikan masalah ini,” tutur Jokowi.(J1*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *