- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Pemkot Depok Berencana Bangun Rumah Sakit Darurat

  • Bagikan
Update Covid-19 di Indonesia per 27 Juni 2021

Inilahdepok. id – Pemerintah Kota Depok akan mendirikan rumah sakit darurat melihat rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Depok sudah kekurangan jumlah tempat tidur sejak 22 Juni 2021.

“Melihat jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 dan angka Penularan cukup tinggi menjadi salah satu perhatian serius Pemkot Depok untuk mendirikan rumah sakit darurat,” ucap Wakil Ketua III Satgas Gugus Tugas Percepatann dan Penanggulangan Covid-19 (GTPPC) Kota Depok, Sri Utomo, kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

Pihaknya, tengah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan propinsi Jawa Barat untuk mendirikan rumah sakit darurat jika sangat mendesak.

Karena sejumlah tempat tidur atau Bed Occupancy Room (BOR) rate di RSUD, RS UI dan rumah sakit swasta untuk pasien Covid-19 sudah over kapasitas.

Dibagian lain, karena alasan urgensi Pemkot Depok juga sudah meminta kepada seluruh rumah sakit rujukan, agar menambah jumlah tempat tidur perawatan Covid-19.

Namun karena rasio pasien yang sembuh dengan penambahan pasien yang terpapar timpang, rumah sakit kewalahan dalam menambah tempat tidur.

Masalah lain, adalah sejumlah rumah sakit, diantaranya RSUD Sawangan Depok saat ini kekurangan tenaga medis untuk merawat pasien Covid-19.

“Sejumlah rumah sakit masih merekrut nakes pasien Covid-19,” jelas Sri Utomo.

Sehingga, menurut Sri Utomo, kehadiran rumah sakit darurat masih direncanakan karena memang harus dikelola dengan tenaga kesehatan yang memadai.

Karena lokasi ini nantinya menjadi salah satu tempat penampungan pasien Covid-19.

“Ini yang masih kami koordinasikan dengan pemerintah pusat dan propinsi Jawa Barat. Kami sangat membutuhkan supplay nakes, karena sebagian nakes Kota Depok terpapar Covid-19,” ujarnya.

Pemerintah Kota Depok berencana menjalin komunikasi bersama beberapa kampus maupun organisasi di bidang keperawatan dan kedokteran. Guna mengatasi kekurangan nakes ini.

“Akan dikomunikasikan. Pokoknya yang bisa dijadikan relawan tenaga medis Covid-19, kita rekrut,” tukas Sri Utomo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Novarita, mengatakan ada 24 rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Depok dengan daya tampung sebanyak 1.071 pasien.

Kondisinya, tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) sudah mencapai 101,82 persen dan tempat tidur ruang isolasi 93.44 pasien.

‘Saat ini kami berencana untuk menambah jumlah bed total 163 tempat tidur di RSUD, Bunda Margonda, Hermina, RSUI, dan rumah sakit lainnya di Kota Depok,” ujar Novarita.

“Tapi tentunya perlu juga ada penambahan petugas kesehatan,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *