- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

2024 Depok Bebas Sampah, Wawalkot Imam: Peran Bank Sampah

  • Bagikan
TPA Cipayung Tempat Pembuangan Sampah Warga Depok Sudah Lebihi Kapasitas 

Inilahdepok.id – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyampaikan, bahwa tahun 2024 Kota Depok dapat menjadi  zero waste city atau kota bebas sampah. 

Salah satu upaya agar hal tersebut dapat tercapai, yaitu mengaktifkan peran komunitas bank sampah di tingkat Rukun Warga (RW).

“Peran komunitas atau bank sampah di Kota Depok sangatlah membantu terjadinya zero waste di Kota Depok. Dari 925 RW, baru terbentuk 300-an  bank sampah, jadi masih sepertiganya. Kami akan terus meningkatkan agar setiap RW memiliki bank sampah,” kata Imam, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga :  RUU Perpajakan Akan Beri Ruang untuk Pengusaha !

Selain itu, lanjutnya, sampai saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga terus berupaya menangani Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

Pada Juli mendatang, pihaknya akan melakukan lelang agar sampah yang ada di TPA Cipayung dapat berbasis Refuse Derived Fuel (RDF).

“Berikutnya lembaga yang bisa bekerja sama mengatasi sampah adalah para pelaku usaha atau bisnis. Jadi, temen-temen bank sampah bisa menjual plastik yang telah dipilah kepada para pelaku bisnis. Kemudian, ada minyak jelantah yang sekarang sudah dikumpulkan dan dapat menghasilkan uang untuk masyarakat,” tutur dia.

Baca Juga :  Pemkot Depok Usul Tiga Raperda ke DPRD, Ini Pandangan Fraksi PKS dan Gerindra

Ada 10 Energi Terbaru di Indonesia Bisa Dimanfaatkan 

Selain itu ia juga menyebutkan sumber energi di Indonesia banyak yang bisa dimanfaatkan. Di mana ada 10 sumber energi terbaru yang dapat dimanfaatkan.

“Panas bumi, angin, biomassa, aliran dan terjunan air, sampah, limbah produk pertanian, limbah atau kotoran hewan ternak, gerakan dan pembesaran suhu lapisan laut, serta sumber energi terbarukan lainnya, ”

Baca Juga :  Breaking News: Gempa Magnitudo 6,7 Getarkan Jakarta dan Sekitarnya

“Lalu ada sinar matahari. Sinar matahari ini sudah bisa diaplikasikan lewat beberapa gedung-gedung pemerintahan, biasanya di lantai paling atas ada solar cell, jadi bisa menggantikan listrik dari PLN,” pungkas Imam Budi Hartono.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *