- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Naik Transportasi Umum Bagian dari Revolusi Mental

  • Bagikan

Inilahdepok. id – Berjalan kaki sudah menjadi hobi bagi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Termasuk berjalan kaki ke kantor, dia mengungkapkan, kebiasaan ini sudah dijalaninya sejak zaman masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Hal itu diungkapkannya saat menjadi narasumber dalam program “Diari: Dialog Bersama Marti”, yang diadakan oleh MRT Jakarta secara daring, pada Kamis malam (24/6) lalu.

“Sebetulnya hobi saya adalah jalan kaki. Semula hobi saya berlari. Kemudian mengikuti anjuran dokter sekarang baiknya perbanyak jalan kaki bukan lari karena usianya sudah kepala enam (60 tahun -red). Kemudian dulu waktu saya masih Mendikbud, dari rumah dinas ke kantor relatif dekat. Kira-kira dua kilometer,” ujarnya.

Hobi tersebut pun masih dibawanya saat dia menjabat sebagai Menko PMK. Tetapi dia tidak sepenuhnya berjalan kaki, karena jarak kantor saat ini lebih jauh, Muhadjir memadukannya dengan menumpangi transportasi umum yakni Moda Raya Terpadu atau MRT menuju kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 3, Gambir, Jakarta Pusat.

Muhadjir menceritakan pengalamannya menumpangi MRT. Menurutnya fasilitas MRT sudah sangat modern, rapih, tertib, dan aman. Bahkan, kata dia, MRT di Jakarta lebih canggih daripada transportasi umum sejenis yang ada di luar negeri.

“Saya juga kaget MRT ini jauh lebih tertib, lebih rapi, teknologinya lebih modern dibanding beberapa MRT yang pernah saya naiki di beberapa negara. Dan keamanannya luar biasa. Setiap gerbong diawasi,” ucapnya.

Dia menilai, saat ini MRT belum banyak diminati masyarakat. Itu terlihat dari jumlah penumpang yang masih belum begitu banyak.

Padahal, menurutnya, MRT merupakan salah satu moda transportasi umum yang sudah sangat baik dan nyaman untuk ditumpangi. Khususnya di masa pandemi, protokol kesehatan di MRT menurutnya sudah sangat baik.

“Tinggal bagaimana masyarakat menyadari betapa pentingnya memanfaatkan fasilitas publik seperti di Jakarta ini. Sehingga bisa mengurangi beban-beban, baik itu beban transportasi, beban sosial di Ibu Kota Jakarta,” kata dia.

Transportasi umum khususnya MRT kata Muhadjir, memiliki andil besar dalam upaya Revolusi Mental dalam arti merubah kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi dan sadar lingkungan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *