- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Pemrov Jabar Siapkan 3 Ribu Bed untuk Rumah Sakit Rujukan Covid-19

  • Bagikan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menko PMK di rumah sakit kawasan Kota Bandung.(Humas Kemnko PMK)

Inilahdepok.id –  Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar saat ini sedang menyiapkan sekitar 3 ribu bed untuk seluruh provinsi dengan hasil perhitungan 30 persen. Walaupun, menurutnya, ada RS-RS yang ada di atas 30 persen.

“RSKIA ini dari 370 kamar yang berfungsi, 150 untuk Covid-19 atau sekitar 40% lebih,” tutur Kang Emil panggilan akranya saat bersama Menko PMK di RSKIA, Rabu (16/6/2021).

Ia pun mengimbau kepada masyarakat, khususnya wisatawan untuk tidak melakukan perjalanan ke Bandung Raya. Selain karena sudah ada penetapan status Siaga 1 untuk Bandung Raya, kapasitas RS juga sudah di atas 80 persen.

“Kalau ada keteledoran dan ketidakpatuhan prokes tentu akan membuat situasi semakin tidak terkendali. (Status siaga 1) ini akan kita ukur hasilnya per-7 hari untuk melihat apakah nantinya akan ada pelonggaran atau tidak, termasuk juga agar ditaati WfH sebagai bagian pengendalian dari situasi kedaruratan ini,” kata dia.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menambahkan bahwa akibat keteledoran dan ketidakpatuhan terhadap prokes akan dapat semakin mempersulit keadaan. Kasus Covid-19 di Jabar terutama wilayah Bandung Raya akan semakin tidak terkendali.

“Ini sebetulnya hikmah, kalau taat terkendali, kalau tidak taat ini adalah contohnya (kasus Covid-19 melonjak). Jadi mau seganas apa jenis (virus)-nya, kuncinya disiplin,”  tegas pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Polda Jabar Siapkan Posko Penyekatan

Sementara itu, untuk mengantisipasi masuknya wisatawan datang dari Jakarta ke Bandung Raya selama sepekan masa status siaga satu, Polda setempat sudah menyiapkan beberapa posko penyekatan di sejumlah titik lokasi tertentu.

“Titiknya di mana saja itu kewenangan ada di Pak Kapolda. Pemerintah sudah menginstruksikan untuk itu,” pungkas Kang Emil.***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *