- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Situ Tujuh Muara di Depok Berpotensi Jadi Tempat Wisata Lokal

  • Bagikan
Situ Tujuh Muara di kawasan Sawangan, Kota Depok.(foto Harian Sederhana)

Inilahdepok.id – Kota Depok memiliki tempat bagus dijadikan tempat wisata, salah satunya Situ Tujuh Muara, Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari serta Kelurahan Kedaung dan Sawangan, Kecamatan Sawangan.

Situ Tujuh Muara ini merupakan tempat yang kerap dikunjungi warga setempat dan luar. Mereka datang untuk menikmati keindahan dan kenyamana alam tersebut.

Namun kini situ tersebut mulai ditumbuhi apu-apu dan eceng gondok.

Tanaman ini, merupakan tumbuh subur di kawasan perairan sehingga lama kelamaan bisa menutupi kawasan setu tersebut.

Menurut Daud Sulamen, Ketua RW 14, Kelurahan Bojongsari kawasan Situ Tujuh Muara merupakan bisa dijadikan kawasan wisata, karena setiap hari tepi situ tidak pernah sepi dari pengunjung.

“Mereka itu setiap hari silih berganti berdatangan ke Situ Muara Tujuh hanya untuk melihat pemandangan di kawasan ini,” kata Daud dikutip dari Harian Sederhana jaringan Inilahdepok.id

Di kawasan tersebut, lanjut dia, dinilai sebagai kawasan situ terluas, karena daerahnya meliputi Kecamatan Bojongsari dan Sawangan, luasannya mencapai puluhan haktar.

“Jika situ ini ditata lebih menarik maka akan menjadi daya tarik tersendiri sebagai kawasan obyek wisata di wilayah barat,” tuturnya.

Namun Daud mengungkapkan, kawasan situ tersebut kini mulai ditumbuhi apu-apu sehingga lama kelamaan menutupi air disitu tersebut yang menjadi daya tarik pengunjung.

Seharunya, lanjut dia, dinas terkait membersihkan situ tersebut agar apu-apu dan eceng gondok di kawasan situ tersebut bisa hilang.

“Kami juga sudah mengirim surat ke dinas PUPR Kota Depok meminta membersihkan Situ Tujuh Muara dari apu-apu, dan Alhamdulillah sudah respon dinas terkait,” uajr Daud yang juga pengurus Pokdarwis Situ Muara Tujuh.

Respon dinas terkait tersebut mendatangi lokasi situ ini, kemudian sedang mencari alternative pembuangannya.

Dia juga berharap kepada Disporyata Kota Depok mengaktifkan Pokdarwis seperti Kelurahan Keduang dan Sawangan agar bisa fokus memperhatikan situ.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *