- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Perbaiki Hati Dengan Kajian Kitab Nashoihul Ibad

  • Bagikan
Majelis Taklim Nurul Mubtadiin, Bojong Pondok Terong, Cipayung.(ist)

Inilahdepok.id -Krisis yang melanda di masa Pandemi Covid-19 berdampak pada banyak sektor belum lagi krisis moral yang sedang dihadapi bangsa merupakan PR yang masih harus diselesaikan.

Kajian keislaman dinilai sebagai oase ditengah kegersangan jiwa. Seperti yang dilakukan Majelis Taklim Nurul Mubtadiin, Bojong Pondok Terong, Cipayung mengadakan pengajian rutin kajian kitab Nashoihul Ibad Karangan Syekh Nawawi al-Bantani.

“Kitab tentang tasawuf, tapi juga tentang akhlak tasawuf. Memperbaiki hati, bukan sekadar fiqih, hadis, tauhid, tapi juga mengoreksi hati,”ujar Pengasuh MT. Nurul Mubtadiin KH. Mohammad Harirudin.

Wakil Rois Syuriah PCNU Kota Depok ini mengungkapkan pengajian yang digelar setiap malam Selasa bagi jamaah  Bapak-bapak.

Ia menambahkan, masyarakat sekitar dan lingkungan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.  Dirinya menilai kitab ini memang tepat untuk masyarakat.

Pasalnya, di dalamnya terdapat Al-qur’an, hadits, Atsar (perkataan sahabat seperti: Siti Aisyah, Ali bin Abi Thalib dan lainnya).

Menurutnya, kajian kitab ini juga menjadi amalan bagi Kiyai Besar seperti: KH. Mustofa Bisri di Rembang, KH. Abdul Mujib pengasuh Pesantren As-Saadah dan lainnya.

“Kitab ini memasyarakat dan menjadi mauidhoh hasanah. Karena pengarangnya Ulama dari Nusantara, jadi enak dikaji seakan itu mengerti kondisi masa depan,”terangnya.

Dirinya berharap, dengan mengkaji kitab ini bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Apalagi, jangan sampai  terkontaminasi arus pengaruh negatif global.

“Paling tidak, senantiasa  mengingatkan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tentunya, banyak sekali memberi wawansan ketaatan kepada Allah. Seperti  dalam cuplikan bait lagu jauhkanlah kami dari wabah ini yang melanda Negeri, kuatkanlah kami dengan taqwa kepada-Mu. Iman hanya kepada-Mu,taqwa hanya kepada-Mu,”tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *