- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Calon Jemaah Haji Gagal Berangkat, Menag: Dana Haji Aman

  • Bagikan
amaah tengah melaksanakan ritual ibadah beberapa waktu lalu sebelum masa-masa pandemi. Foto : Pakde Iyok

Inilahdepok. id – Jemaah haji yang berangkat tahun 2021 dipastikan gagal berangkat tahun ini karena kondisi dunia masih pandemi Covid-19

Hal itu diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Maka dari itu bagi jemaah haji, reguler dan haji khusus, yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 1441 H/2020 M, akan menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

“Setoran pelunasan Bipih dapat diminta kembali oleh jemaah haji yang bersangkutan. Jadi uang jemaah aman. Dana haji aman,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di saat konferensi pres di Jakarta, Kamis, (3/6/2021).

Untuk memudahkan akses informasi masyarakat, selain Siskohat, Kemenag juga telah menyiapkan posko komunikasi di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Kemenag juga tengah menyiapkan WA center yang akan dirilis dalam waktu dekat.

“Keputusan ini pahit. Tapi inilah yang terbaik. Semoga ujian COVID-19 ini segera usai,” ujar Yaqut.

Yaqut menuturkan, alasan tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia karena pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang malanda dunia, kesehatan, dan keselamatan jiwa jemaah lebih utama dan harus dikedepankan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jemaah, Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jemaah haji Indonesia,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *