- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Miris Melihat Sampah di Sekeliling Pusat Pemerintahan Kota

  • Bagikan
Tumpukan sampah terlihat menumpuk disalah satu sudut Jalan Margonda dekat gedung Balaikota Depok. Foto Satrio Nusantoro

Inilahdepok.id – Kota metropolitan dikatakan berprestasi ketika ia berhasil mengelola sampahnya dengan baik. Wujud fisik yang paling mudah dinilai ialah kebersihannya. Anggapan pertama orang menilai pemerintah daerahnya bekerja dengan baik atau tidak dilihat dari manajemen sampahnya.

Jika sampah berserakan dimana-mana, dan kesadaran warganya akan membuang sampah pada tempatnya buruk, maka jangan marah jika pemerintahnya dibilang tidak becus. Karena memang hal pertama yang dilihat oleh mata adalah kebersihan. Terminalnya kumuh bau pesing gak? Toilet umumnya baik di Rumah sakit, kantor pemerintah, atau fasilitas publik lainnya layak atau tidak?

Tumpukan sampah terlihat menumpuk disalah satu sudut Jalan Margonda dekat gedung Balaikota Depok.
Foto Satrio Nusantoro

“Di Jalan Raya Margonda, sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, dulu saya melihat rapih dan jarang melihat ada sampah berserakan di jalan. Sekarang Depok semakin padat. Mal dan apartemen terus dibangun. Angkot-angkot makin semrawut”, kata Agus warga perumnas Depok 1 yang sudah tingga di Depok sejak tahun 1976.

Menurut Agus yang cukup menyedihkan, setiap akhir pekan dan puncaknya tiap Senin pagi pasti ada saja tumpukan sampah di bahu jalan protokol Margonda.

Pantauan InilahDepok.id mulai dari Jalan Kartini, sebelum Kantor Walikota, depan terminal, lampu merah Ramanda, sekitar Mall Depok, hingga ke ujung gapura selamat datang Depok, seperti terlihat, Selasa (25/5/2021) dinihari, kok bisa ya banyak tumpukan sampah dibiarkan begitu saja?

Pemerintah memang tidak bisa sepenuhnya disalahkan. Kesadaran sebagian warga Depok untuk membuang sampah memang minus. Terutama pedagang yang sering meninggalkan sampah nya di sudut-sudut jalan. Dan parahnya, kadang sampah itu dibiarkan hingga berhari-hari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *