- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Gober Depok : Gowes Bersama Demi Sehat Jiwa dan Raga

  • Bagikan
Kumunitas sepeda Gober Depok dalam acara launching jersey terbaru di Kopi Nako Jl. Margonda Raya yg sekaligus lmenjadi titik kumpul gowes setiap minggunya. Foto : Arsip Komunitas Gober Depok

Inilahdepok.id – Berbagai alat transportasi tentunya memudahkan akses berpergian Anda. Di era serba online / daring ini, ada beberapa moda transportasi yang tergusur akibat inovasi transportasi daring tersebut. Salah satu moda transportasi yang saat ini sedang trend adalah sepeda. Kendaraan roda dua ini menjadi lebih popular jika dibandingkan dengan sepeda motor. Bahkan harga jualpun semakin tidak masuk akal. Walaupun begitu, beberapa masyarakat sangat gemar menggunakan sepada dengan berbagai alasan. Bahkan mereka sampai membentuk komunitas untuk berbagi informasi atau hanya sekedar menyambung silahturahmi. Salah satu komunitas para pengguna sepeda adalah Gober Depok (GOwes BERsama) yang bermarkas di Depok, Jawa Barat.

Komunitas pesepeda asal Depok ini didirikan pada April 2012 oleh enam orang, yaitu Idris Harun, Yanno Chodex, Tony Yulianto, Virdis Hidayat, Khairudin, dan Antoni Kirana.

Komunitas ini terbentuk karena awalnya mengikuti Fun Bike di kampus ISTN (Institut Sains dan Teknologi Nasional). Dari pertemuan itulah keenam orang tersebut membentuk komunitas.

“Diharapkan dengan membentuk komunitas, akan lebih banyak orang yang bergabung bersepeda dengan mereka. Pemilihan nama Gober Depok tercetus oleh saya kala itu”, kata Antoni Kirana salah satu pendiri Komunitas Gober Depok melalui komunikasi whatsapp phone, Selasa (23/2/2021) siang.

Antoni menjelaskan saat ini anggota Gober Depok semakin bertambah, total anggota Gober Depok pada tahun 2021 mencapai 218 orang. Para anggota juga menggunakan jenis sepeda yang beragam, ada yang memiliki BMX, Fixie, MTB, Federal, dan Sepeda Lipat.

“itu anggota yang tercatat di laman Facebook Gober Depok, sebanyak 218 anggota, namun yang setiap minggu aktif gowes mungkin hanya sekitar 30 – 50 orang saja”, ungkap Antoni.
Seiirng dengan bertambahnya jumlah anggota, komunitas ini selalu memperbaiki manajemen komunitas agar lebih baik lebih baik lagi setiap tahunnya.

                                       Pak Ripo, ketua komunitas Gober Depok saat ini

“Gober Depok sudah 3 kali masa pergantain kepengurusan ketua, ketua yang pertama Virdis Hidayat, kemudian dialnjutkan oleh bu Nuke lalu terakhir ini yang sekarang di ketuai oleh pak Ripto”, tambah Antoni menerangkan.

Aktivitas rutin yang dilakukan Gober Depok salah satunya adalah bersepeda bersama tiap pekan. Ada dua tipe aktivitas yang dilakukan Gober Depok, yaitu Godek (Gowes Dekat) dan Gojay (Gowes Jauh). Rute yang dilewati Gober Depok untuk kategori Godek adalah kawasan Depok, misalnya daerah setu dan tujuh tanjakan setan.

“Kami juga punya trip ciri khas kami sendiri yaitu SUSU CIPOK (SUsuri SUngai CIliwung dePOK) dan Saba Setu Depok yang sempat dijadikan event Tour de Setu Depok oleh DISPORYATA Depok”, tambah Antoni.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *