- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mengatasi Serangan Kardiovaskular di Era Pandemi, Bagaimana Caranya?

  • Bagikan

Inilahdepok. id – RSUI kembali menggelar rangkaian seminar awam dengan tajuk utama: “Mengatasi Serangan Kardiovaskular di Era Pandemi: Bagaimana Caranya?”

Seminar ini dilaksanakan terkait hari hipertensi nasional tanggal 17 Mei mendatang.

Penyakit kardiovaskuler masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia, yang diperkirakan menyebabkan 17,9 juta kematian tiap tahunnya (WHO, 2017).

Penyakit kardiovaskuler merupakan sekelompok gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Empat dari lima kematian akibat penyakit kardiovaskuler didominasi oleh serangan jantung dan stroke, sepertiga dari kejadian kematian ini terjadi pada orang-orang yang usianya relatif muda.

Di era pandemi COVID-19 saat ini, penderita penyakit kardiovaskuler memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gejala berat saat terinfeksi COVID-19, dan risiko kematian yang 2-3x lipat lebih tinggi dibandingkan pasien COVID-19 tanpa penyakit kardiovaskuler.

Selain itu, sebentar lagi masyarakat muslim akan menyambut hari raya idul fitri atau lebih sering disebut dengan hari lebaran.

Hari lebaran pada beberapa orang sering dijadikan sebagai ajang ‘balas dendam’ makan setelah satu bulan berpuasa. Padahal konsumsi makanan yang berlebihan ini sangat berisiko untuk mengalami gangguan kardiovaskuler, seperti hipertensi, stroke, atau penyakit jantung.

Diharapkan melalui penyelenggaraan Bicara Sehat ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait pencegahan penyakit kardiovaskuler khususnya di era pandemi dan momen lebaran. Seminar ini dimoderatori oleh dr. Delia Rasmawati yang merupakan Dokter Umum di RSUI.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *