- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ada 21 Ponpes di Depok Terpapar COVID-19, Ini Penjelasan Satgas

  • Bagikan
Covid-19 di Kota Depok, Pasien Positif Bertambah 105 Orang

Inilahdepok.id  – Sejak awal kasus hingga sekarang tercatat ada 21 pondok pesantren (Ponpes) di Kota  Depok, Jawa Barat yang terpapar COVID-19. Hal itu berdasarkan data satuan tugas (Satgas) penanganan COVID- 19 Kota Depok. Di mana dari 21 ponpes dengan total kasus 485 orang yang terpapar COVID-19.

“Terbaru paparan klaster ponpes ada di empat lokasi.  Yaitu di ZZS total kasus 25, lalu pesantren MD total kasus 46, lalu pesantren BQ sejumlah 4 kasus, pesantren A sebanyak  1 kasus. Jadi meningkat saat ini,” kata Jubir Satgas Penangan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana, Rabu  (28/4/2021).

Sedangkan untuk ponpes yang diluar Depok juga ada santrinya yang terpapar. Dadang menuturkan, untuk ponpes luar Depok sebanyak 25.

“Pesantren luar Depok itu ada 25 pesantren, santrinya dari Depok tapi pesantrennya diluar,” tukasnya.

Diduga penularan terjadi karena kurangnya penerapan protokol kesehatan. Kedua, banyak yang keluar-masuk.

Artinya, anak-anak boarding, tapi pengajar atau mungkin catering, pesan makan dari luar.

“Itu yang tidak terkontrol. Apalagi, ada beberapa pesantren yang kurang kooperatif terhadap Satgas. Sementara ini dibawa dari luar. Masih ditracing, sementara belum ada kesimpulan,” tambahnya.

Catatan pihaknya, kasus terakhir di salah satu pesantren tercatat 25 kasus, dimana 2 dirawat di rumah sakit dan sisanya isolasi mandiri di pesantren.

Kemungkinan mereka tidak dapat kembali ke rumah masing-masing saat Lebaran jika belum selesai isolasi mandiri. “Mereka isoman sesuai pedoman permenkes, selama 14 hari. Dilihat perkembangan, mudah-mudahan tidak ada gejala,” ungkapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *