- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Pemkot Depok Diminta Implementasi Perda Tanam Pohon

  • Bagikan
Suasana Rapat Paripurna DPRD Kota Depok

Inilahdepok. id – Anggota Komisi C DPRD Kota Depok Sri Utami menegaskan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 03 Tahun 2013 tentang Rencana Pengelolaan Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH) harus diimplementasikan secara lebih serius oleh pemerintah kota. 

Ia menilai implementasi Perda tersebut dinilai lemah. DLHK Depok harus lebih keras lagi memberikan teguran kepada pemilik usaha untuk menanam pohon sehingga pencemaran udara di Depok bisa diminimalisir

“Perda ini mengatur tentang kewajiban menanam pohon di halaman bangunan toko seperti pertokoan, toko -toko modern, rumah sakit serta bangunan -bangunan lainnya. Jadi ada kewajiban pemilik bangunan untuk menanam pohon pelindung untuk luasan lahan/bangunan tertentu, ” kata Sri Utami, Rabu (14/4/2021).

Dalam Perda tersebut kata dia, ada aturan luas bangunan sekira 120 meter persegi (m2) wajib menanam satu pohon pelindung. Lalu Luas 240 m2 wajib menanam dua pohon pelindung, dan sebagainya.

Contohnya di area sepanjang Jalan Margonda dan jalan-jalan protokol lainnya, kata dia, pemilik tokoh harus dipaksa menanam pohon pelindung sehingga pencemaran udara bisa terkendali.

“Pohon yang ada sudah tua-tua dan nyaris tidak ada pengganti. Ini berbahaya karena rawan tumbang dan ketika dipotong akan terjadi kerugian besar karen hilangnya sumber penghasil oksigen dan penyerap polutan. Jadi mendesak untuk segera dihijaukan, ” kata dia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *