Tetap Semangat Untuk Masyarakat Indonesia Bangkit dan Mandiri di Tengah Covid 19

Dr Ilyas Indra Saat Kunjungan ke New York City USA

Dalam situasi saat ini hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami dampak dari Covid 19 baik dari penutupan lokal di beberapa wilayah, penutupan perkantoran, penutupan pusat pembelanjaan, penutupan pusat hiburan baik bioskop tempat rekreasi, penutupan event event besar, penutupan sekolah sekolah dari semua jenjang pendidikan.

Himbauan untuk mewajibkan kerja dirumah, dampak piskologis ketakutan yang berlebihan di masayarakat, hal hal tersebut tentu berdampak langsung pada perumahan masal banyak karyawan karena perusahaan menutup kantornya karena drop penjualannya, hilangnya pendapatan masyarakat terutama yang berpendapatan harian.

Pada sisi lain masyarakat juga hari demi hari harus menghadapi kehidupan dengan kebutuhan yang tidak berhenti, baik kebutuhan pokok untuk makan sehari hari, kebutuhan lain sebagai penunjang untuk kehidupan baik listrik, air, operasional kendaraan dan lainya.

Pemerintah pusat dan daerah sudah memberikan banyak kebijakan untuk membantu masyarakat yang berdampak covid 19, tetapi hal ini kita bisa memahami bahwa pada akhirnya kita harus bangkit dan mandiri menghadapi dampak covid 19 ini bersama Pemerintah sehingga pekerjaan Pemerintah Menjadi Lebih ringan jika bersama sama.

Dalam situasi yang rumit dalam kemadirian dan bisnis di Indonesia kita masih bisa menjalankan bisnis walau situasi terbatas atau bahkan harus bekerja dari rumah, yang kita butuhkan adalah semangat juang untuk bertahan dan mandiri.

Dr Ilyas Indra saat kunjungan ke Timur Tengah

Jika pertanyaanya dalam situasi ini apakah kita masih bisa berpenghasilan, apakah masih bisa berbisnis walau di phk, walau dari rumah, walau modal tidak ada, maka jawabannya adalah sangat bisa. Sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia saya ulas satu bisnis yang bisa tetap dijalankan untuk membangun kemandirian dalam kondisi saat ini, bisnis ini disebut dengan Penjualan Langsung, multilevel marketing atau serect seling. Dengan model distribusi langsung tanpa melibatkan banyak distributor maka perusahaan yang bergerak di penjualan langsung tetap bisa langsung mendistribusikan produknya ke konsumen langsung yang disebut mamber.

Dengan modal yang terbatas banyak perusahaan penjualan langsung yang cukup bergabung dan menjalankan bisnis multilevel marketing dengan produk yang terjangkau masyarakat dan dengan kerja yang fokus tentu bisa menghasilkan bonus harian dan bonus lainnya untuk pencapaian target penjualan yang sesuai dengan tata kelola perusahaan dan aturan pemenrintah.

Dan bisnis ini tentu bisa dilakukan dari rumah dengan sistem online saat ini dimana proses situasi teknologi yang memungkinkan penjualan dan promosi bisa dilakukan dari rumah baik dengan media sosial wa, twiter, facebook, ig dan lainya dan jika di tekuni secara serius bisnis multi level marketing atau penjualan langsung ini tidak sedikiti yang sejahtera, tetep berpenghasilan dan mandiri walau dalam situasi sulit seperti saat ini.

Oleh Dr. Ilyas Indra
Penulis adalah: Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia.

 

LEAVE A REPLY