Antisipasi ‘Virus Corona’, RSUD Depok Siapkan Ruang Isolasi

Antisipasi 'Virus Corona', RSUD Depok Siapkan Ruang Isolasi

Inilahdepok – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok sebagai langkah guna mengantisipasi maraknya ‘Virus Corona’ sudah menyiapkan ruang isolasi khusus untuk menangani pasien penderita virus mematikan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dokter Novarita memaparkan, ruang isolasi khusus telah disiapkan beberapa hari lalu. Tetapi kata dia, RSUD untuk sementara hanya mampu melakukan penanganan pertama. Jika pasien dianyatakan positif, maka pasien akan langsung dirujuk ke RS Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

“Misalnya ada pasien yang seperti itu kita cek dulu di lab-nya. Kalau demam kita analisa, sampai bisa dipastikan ini demam biasa atau Corona. Kalau positif Corona baru kita rujuk kesana. Jadi artinya kita mengisolasi selama belum dirujuk,” papar dia kepada awak media, Senin(27/01/2020).

Ia mengatakan, hingga sekarang pihaknya belum mendapat laporan adanya warga yang terkena virus tersebut. Namun, ia telah menginstruksikan seluruh rumah sakit di Kota Depok untuk tetap siaga.

“Sudah, ini kan di setiap rumah sakit sudah kami imbau untuk mengantisipasi, tapi selama ini alhamdulillah belum ada.”

Walau sampai saat ini belum ada pasien yang terkena virus tersebut, namun Novarita mengimbau masyarakat untuk bisa ikut berperan aktif mencegah adanya penyakit ini.

“Kami mengimbau pada masyarakat yang pertama, jangan panik, kedua tingkatkan PHBS (Program Hidup Bersih dan Sehat), kemudian tigkatkan juga daya tahan tubuh, dan hindari perjalanan ke kota yang ada wabah Corona itu,” tuturnya menutup. (is/id*/rul/dt)

LEAVE A REPLY