SAPMA PP Kota Depok: Pemuda Tak Perlu Reaksioner dan Harus Cerdas Menyikapi Persoalan Natuna

SAPMA PP Kota Depok: Pemuda Tak Perlu Reaksioner dan Harus Cerdas Menyikapi Persoalan Natuna

Indonesia adalah Negara kepalauan, yang juga meliputi darat, laut dan udara yang diatasnya sebagai kesatuan politik, ekonomi, sosial serta pertahanan dan keamanan.

Elsa silvia margareth siahaan, Calon terkuat Ketua PC SAPMA PP Kota Depok menjabarkan, Konsep geopolitik Indonesia adalah pandangan kewilayahan. geopolitik Indonesia secara umum dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah ‘Untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.’.

Elsa menambahkan, Masuknya kapal penangkap ikan dan coastguard china di zona ekonomi ekslusif (ZEE) Indonesia berdasarkan Konvensi PBB tentang hukum laut (UNCLOS)

China mengclaim bahwa nelayannya sejak zaman dahulu sudah melayan disana dan secara aturan mereka tidak mau patuh dengan UNCLOS dan memilih garis lurus tradisionalnya.

Nah, yang dilakukkan oleh Presiden Jokowi, Menkopplhokum, TNI dan Bakamla sudah benar. Bahwa Indonesia tidak perlu berdiplomasi dengan china (bilateral) terkait laut lepas natuna karena jika kita berdimplomasi artinya kita melegitimasi bahwa natuna adalah laut konflik, dengan begitu Indonesia akan semakin menguatkan claim garis tradisonal cina dan yang harus dipahami adalah setiap negara di sekitar laut natuna memiliki hak berdaulat, posisi Indonesia dan China dalam konteks natuna ini sama-sama memiliki hak berdaulat. Akan berbeda ceritanya jika China masuk ke laut kita dan melanggar kedaulatan Indonesia (12 mill)

So, kesimpulannya menurut Elsa silvia margareth siahaan persoalan di natuna tidak akan pernah selesai sampai kapapun, sampai anak cucu kita nanti. Solusi terbaik adalah Pak Presiden perintahkan seluruh nelayan kita untuk mencari ikan ke laut lepas natuna dan dikawal oleh Bakamla.

Foto : Calon Ketua PC SAPMA PP Kota Depok, Elsa silvia margareth siahaan ( sebelah kanan ) bersama Teuku Aulia Arief, Ketua Umum Sapma Pemuda Pancasila

Oleh : Elsa silvia margareth siahaan

Penulis adalah Calon Ketua PC SAPMA PP Kota Depok

Tulisan ini dibuat Menyikapi berita https://telusur.co.id/detail/sapma-pp-mendesak-pemerintah-agar-natuna-diselesaikan-dengan-tegas-dan-tidak-abu-abu

LEAVE A REPLY