PSSI Resmi Tunjuk Shin Tae yong, Tukangi Timnas Indonesia

PSSI Resmi Tunjuk Shin Tae yong, Tukangi Timnas Indonesia

Inilahdepok.id – Shin Tae-yong resmi akan tungkangi Timnas Indonesia. Pelatih yang berasal dari Korea Selatan itu diperkenalkan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat Sabtu 28 Desember 2019.

Shin Tae-yong sendiri ditunjuk untuk menggantikan Simon McMenemy yang dinilai gagal memenuhi harapan selama proses kualifikasi Piala Dunia 2022. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu dikontrak selama 4 tahun.

“Secara garis besar, kami sampaikan pelatih Timnas Indonesia yang selama ini menjadi teka-teki. Tentunya publik bertanya kenapa PSSI pilih Shin Tae-yong. Pertemuan sudah dua hari, puncaknya kemarin, Jumat. Dia menyampaikan strateginya secara mendetail,” papar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Shin Tae-yong memupuskan harapan persaingan melawan Luis Milla Aspas yang salah satunya ikut diwawancarai PSSI. Luis Milla sendiri sempat menangani Timnas Indonesia U-23 pada Asian Games 2018.

Keputusan PSSI menunjuk Shin Tae-yong bisa dikatakan sebuah terobosan baru. Sebab, otoritas sepak bola Indonesia tersebut biasanya lebih berkiblat ke Eropa saat memilih arsitekTimnas Indonesia.

Sebelum Simon McMenemy, PSSI sering mempercayakan Tim Garuda kepada pelatih asal Belanda. Faktor historislah yang menjadi pertimbangan utama. Beberapa nama tersebut adalah Johannes Mastenbroek, Wiel Coerver, Henk Wullems, dan Wim Rijsbergen.

Selanjutnya PSSI kerap berpaling ke Eropa Timur. Mereka menunjuk Antun Pogacnik (Kroasia), Anatoli Polosin (Rusia), Ivan Toplak (Serbia), dan yang terakhir Ivan Kolev (Bulgaria).

Melongok sejarah, PSSI hanya sekali menunjuk pelatih asal Asia untuk menangani timnas. Adalah Choo Seng Quee yang bekerja pada periode 1951-1953.

Sosok asal Singapura itu melatih Timnas Indonesia pada Asian Games 1951 dan membawa tim hingga perempat final. Artinya, PSSI menempuh 68 tahun untuk kembali menunjuk pelatih dari Asia.(id/hpv)

LEAVE A REPLY