Menilik Asal Usul Seni Beladiri ‘Pencak Silat’ MS Jalan 6 Pengasinan

Menilik Asal Usul Seni Beladiri 'Pencak Silat' MS 6 Pengasinan, Sawangan Depok

Pengasinan adalah sebuah kelurahan yang pada tahun 1951 merupakan pemerintah desa, di pimpin oleh kepala desa pertama yaitu H Alih Yakub. Pada saat itu pengasinan masih masuk wilayah kabupaten Bogor dan menjadi pemerintah kelurahan, baru pada tahun 2000 masuk dalam wilayah kota Madya Depok.

Dahulu kala, kelurahan Pengasinan banyak ditumbuhi perkebunan karet peninggalan kolonial Belanda selain itu daerah ini juga terkenal dengan daerah kampung jawara karena pada tahun di Era tahun 60-90 banyak sekali warga pengasinan yang menjadi guru silat diwilayah itu. Salah satu tokoh terkenal dan menjadi panutan warga kelurahan Pengasinan, yaitu H Alih Yakub beliau mendirikan Perguruan Silat.

Seperti diketahui bersama pendiri dan berdirinya Perguruan Pencak Silat MS Jalan Enam Pengasinan, dilatar belakangi akurasi sejarah yang kokoh dengan kronologis dan historis yang jelas. Sejarah mencatat bahwa jauh sebelum dicetuskannya proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada tahun 1901, seorang putra bangsa asli kelahiran pengasinan berinisial M, memulai kiprahnya belajar dan memperdalam ilmu beladiri dari satu sampai enam guru yang berlainan aliran dan jenisnya.

LEAVE A REPLY