- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

KPU Imbau Pemudik Tetap Gunakan Hak Pilih

  • Bagikan
KPU Depok Gelar Pleno Pilgub Jabar

Inilahdepok.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menganggap tingkat partisipasi pemilih menjadi hal penting. Pasalnya tingkat partisipasi menjadi tolak ukur dalam keberhasilan penyelenggara. Seperti diketahui bahwa Pilgub Jabar 2018 digelar pada 27 Juni.

Waktu pelaksanaan ini berdekatan dengan hari Raya Idul Fitri 1439 H. Dan diprediksi banyak warga yang mudik ke kampung halaman. “Memang menjadi salah satu pemikiran untuk kita semua, karena itu sejak jauh-jauh hari KPU telah menginformasikan tentang situasi itu termasuk ke Pemkot Depok, Camat dan lurah untuk bisa menyosialisasikan pelaksanaan Pilgub. Susah juga ya, karena mudik itu kan tradisi yang, kami tidak bisa melarang,” kata Komisioner KPU Kota Depok, Nurhadi, Senin (21/4/2018).

KPU Kota Depok berharap masyarakat yang mudik ke kampung halaman tahu bahwa ada Pilgub sehingga diupayakan sudah kembali dari kampung halaman lebih cepat dan ikut berpartisipasi menggunakan hak suaranya. “Bahkan, kami pun meminta ke Polres dan Kesbangpol untuk bisa menginformasikan ke masyarakat. Jika mudiknya masih di wilayah Jabar, memang bisa pindah memilih. Kalau penyelenggara, rata-rata tidak pulang kampung, karena ada persiapan logistik dan lainnya,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa trend Pilgub memang partisipasinya 50 persen dan hampir semua kegiatannya di Provinsi. Namun, dengan jarak yang berdekatan dengan Pileg dan Pilpres 2019 ia berharap tingkat partisipasi meningkat. “Kami berharap ada trend meningkat dari sisi partisipasi, tahun 2019 ada Pileg dan Pilpres, dari suhu ini saya berharap ada peningkatan partisipasi,” pungkasnya. (id/cz)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *