- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

KPU Sosialisasi ke Ormas dan OKP

  • Bagikan
KPU Depok Gelar Pleno Pilgub Jabar

Inilahdepok.id- Komisi Pemilihan Umum Kota Depok menggelar sosialisasi Pilgub 2018 kepada organisasi masyarakat (Ormas) dan Organisasi kepemudaan (OKP) di Depok. Kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi ke seluruh segmen di masyakat. “Sebelumnya juga sudah melakukan sosialisasi ke penyandang disabilitas, segmen keagamaan. Nanti juga ada segmen khusus untuk wartawan,” kata Komisioner KPU Kota Depok, Nurhadi, Minggu (20/5/2018).

Pihaknya juga melakukan sosialisasi lewat pentas seni baik di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan. Dan untuk sosialisasi seperti ini, sebenarnya pun ada di tingkat kecamatan. “Kegiatan tatap muka seperti ini dilakukan sama se-Jabar. Jadwalnya sudah di break down oleh KPU Jabar untuk tiap kabupaten/kota. Jadi penyusunannya sudah sama se-Jabar,” tukasnya.

Dikatakan, sosialisasi ke segmen Ormas dan OKP menjadi penting karena positioning mereka. Walau tidak mempengaruhi terkait hasil Pemilu, namun, isu-isunya cukup penting dan bisa mempengaruhi kelancaran dari tahapan Pilgub Jabar. “Harapannya mereka dapat bersinergi untuk memperkuat kelancaran Pilgub ini, termasuk ikut mencerahkan masyarakat. Mereka tentunya kan punya anggota dan kemudian bisa ikut mencerahkan masyarakat,” paparnya.

Perwakilan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Boy M Danial mengatakan, pihaknya bersama KPU Kota Depok kerap berkolaborasi untuk melakukan sosialisasi terkait Pilgub Jabar. Pihaknya  mengimbau kepada Ormas dan OKP untuk turut berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pesta demokrasi sangat penting bagi masyarakat. Sehingga, partisipasi memilih meningkat dan yang terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur merupakan pilihan rakyat. “Kalau mereka tidak menggunakan hak suaranya kan percuma, mereka punya gubernur tapi tidak merasa memilih,” katanya.

Karenannya, Kesbangpol mengharapkan agar Ormas dan OKP dapat menjalankan fungsinya turut serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada kali ini. “Saat ini Ormas dan LSM yang terdata di Kesbangpol hampir 200. Dan kami mengharapkan agar yang belum terdata dapat melapor,” pungkasnya. (id/cz)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *