- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

BPJS Ketenagakerjaan Masif Cari Peserta BPU

  • Bagikan

Inilahdepok.id – BPJS Ketenagakerjaan selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan menyempurnakan program Jaminan Kecelakaan Kerja, menjadi Jaminan Kecelakaan Kerja–Return To Work (JKK-RTW). Ini dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok dengan sasaran para pekerja Buka Penerima Upah (BPU) di kawasan Grand Depok City (GDC), saat car free day Minggu (25/3).

“Kami khususkan pedagang karena pedagang masuk kategori BPU, mereka berhak mendapatkan jaminan sosial seperti jaminan hari tua, jaminan kematian, dan jaminan kecelakaan kerja,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Depok, Multanti.

Dalam giatan tersebut, BPJS ketenagakerjaan bersinergi bersama Dinas perhubungan dalam mendukung acara rutin car free day di Depok. Menurut dia, giat memberikan informasi masif kepada BPU ini untuk meningkatkan informasi pada kesejahteraan pekerja.

Menurutnya, para pedagang di pasar kaget GDC diberikan informasi dan dapat sekaligus mendapatkan kartu peserta jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan kematian, bagi mereka yang mendaftarkan diri menjadi peserta layanan jaminan sosial ini. “Lebih dari 200 pedagang yang berdagang di sana, kami satu-satu menjelaskan,” ulasnya.

Melalui JKK-RTW BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen, memberikan pelayanan berupa pendampingan, hingga pembekalan mental dan keterampilan bekerja, bagi pekerja yang mengalami disabelitas akibat kecelakaan kerja.

Ia menambahkan, program JKK-RTW dilatarbelakangi oleh UU No. 4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat dan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Alur pelayanan Return To Work dimulai saat peserta yang mengalami kecelakaan kerja, mendapatkan penanganan kuratif di RS Trauma Center melalui Manajer Kasus Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja (KK PAK). “Manfaat yang dirasakan langsung oleh tenaga kerja, dari program JKK-RTW diantaranya adalah mempertahankan pekerjaan, produktivitas, dan tentunya penghasilan yang diterima setiap bulannya,”pungkasnya.(ctr/id)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *