- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

1.251 Ruas Jaling dan Drainase Mei Mulai Dikerjakan

  • Bagikan
Ilustrasi:Suasana Jalan Tenjo yang sangat kurang penerangan

Inilahdepok.id-Perbaikan jalan di Kota Depok terus ditingkatkan tiap tahunya. Di tahun ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, akan membetonisasi sebanyak 1.251 ruas yang tersebar di tiga Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Jalan Lingkungan (Jaling).

Sekretaris DPUPR Depok Supomo menuturkan, pekerjaan yang ditangani UPT Jaling satu, dua, dan tiga itu menangani jalan lingkungan dan drainase. Dipastikan kata dia, akan dilaksanakan pekerjaan di Mei.

Sebab, kata dia, sekarang ini masih proses supervisi dan diharapkan pada April tahapan proses pengadaan proses dan jasa kontruksinya.

“Pekerjaan di Mei sudah berjalan ketepan pas waktu bulan puasa,” kata Supomo.

Disebutkan dia, jumlah 1.251 ruas jalan lingkungan dan drainase yang akan dibangun terdiri dari UPT Jaling I ada 344 ruas, Jaling dua 433 ruas, dan UPT tiga 473 ruas.

“Untuk pagu anggaran sekitar Rp 386 miliar. Saya memiliki keyakinan terutama tergantung pengadaan, apakah ada gagal lelang atau tidak,” beber dia.

Lebih lanjut dia, menyebutkan untuk realisasi pekerjaan pembangunan jaling dan drainase 2017 mencapai 84,82 persen. “Dengan pagu anggaran sebesar Rp 383 miliar,” ucapnya.

 

Ia menambahkan, DPUPR Depok hampir setiap tahun melakukan perawatan jalan milik kota sebanyak 1.000 kilometer lebih.

Ditambah lagi, dengan jalan lingkungan yang ada di Kota Depok. Sedangkan untuk jalan milik nasional 41 kilomter, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemrov Jabar) ada 11 kilometer. “Jadi bisa dibayangkan perbaikan dan perawatan pemkot oleh DPUPR,”tutur dia.

Selain itu, kata dia, sesuai inturksi Walikot Depok Mohammad Idris di 2019 mendatang fokus untuk perbaikan pendestarian di wilayah Jalan Raya Ciputat atau Bojongsari. Sebab, jalan tersebut jalan milik negara.

“Pembiayaan nanti dari pusat, kita tata semaksimal mungkin pedestrian di Depok,” katanya.

Terpisah, Kepala UPT Jalan Lingkungan II, Arga DT menyebutkan, akan mengerjakan 262 titik di empat kecamatan. Antara lain, Kecamatan Beji ada 48 titik, Kecamatan Sukmajaya 90 titik, Kecamatan Pancoranmas 84 titik, dan Kecamatan Cipayung 48 titik.

“Direncanakan akan dikerjakan pada bulan April,” kata Arga.

Perbaikan jalan lingkungan di empat kecamatan ini, jelas dia, merupakan hasil dari usulan masyarakat melalui Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan aspirasi dewan melalui reses.

“Sudah disahkan di Musrenbang di tingkat kota,” kata dia.

Perbaikan jalan lingkungan ini bisa dalam bentuk pengaspalan, betonisasi jalan, dan paving block. Lalu sambung Arga, pelaksanaan pekerjaan akan dilakukan pada April.

Namun, sekarang ini sedang tahapan lelang supervisi dan berkoordinasi ke pihak masyarakat, yakni LPM, RT, dan RW, karena mereka adalah perwakilan dari masyarakat. “Perbaikan jalan di bawah tiga meter luasnya disebut jaling,” bebernya.

Pekerjaan jalan lingkungan ini kata Arga, variatif besaran pagunya. Sebut dia, antara lain dari RP30 juta sampai Rp 400juta.

“Kalau diatas Rp200 juta itu dilelang,” tutupnya. (ctr/id)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *