- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Uang Jemaah di Pakai Jalan ke Inggris

  • Bagikan
Uang Jemaah di Pakai Jalan ke Inggris

Inilahdepok.id – Sidang ketujuh First Travel digelar di Pengadilan Negeri Depok. Sidang hari ini agenda mendengarkan saksi yang merupakan karyawan. Hadir dalam sidang antara lain Dennys Juliens, Isni Yulianti, Atika Adinda Putri, Rakhmawati Putriana, Nur Halimah, Tita Sri Rubianti, Chindy Andini, Galih Firmansyah, Novi Fatheka, Ayu Indriyani, Edi Iskandar dan Agus Santoso.

Jumlah saksi yang dihadirkan sebanyak 12 orang. Mereka didatangkan dari sejumlah cabang First Travel di Bali, Surabaya dan Depok.

Dalam keterangannya salah satu saksi mengatakan ada sebagian uang jemaah yang dipakai Anniesa dan keluarga untuk jalan-jalan ke Inggris. Uang itu dibayarkan untuk biaya penginapan. “Pernah ada saya bayarin hotel untuk pak Andika dan keluarga di Inggris,” ‎kata Atika Adinda, Senin (19/3/2018).

Selain itu dalam keterangannya disebutkan juga bahwa uang jemaah digunakan untuk membayar biaya pagelaran busana dalam ajang New York Fashion Week. Kemudian terungkap bahwa uang jemaah juga dibuat untuk kepentingan bisnis Anniesa yang tidak ada hubungan dengan jemaah. Biaya yang dibayarkan untuk membeli sebuah restoran di Inggris sebsear Rp 10-14 miliar.

Disana Anniesa membeli sebuah restoran dengan nama Nusa Dua. Restoran mewah itu ‎berada di kawasan Pecinan di Inggris. “Fashion week pengeluaran USD 1000. Saya kurang tahu mereka pergi ke Inggris ngapain,” akunya.

Jaksa Penuntut Umum Lumumba Tambunan mengatakan dari fakta yang diungkapkan saksi hari ini bisa membantu mengungkap kasus ini. ‎Dari keterangan saksi diketahui bahwa Kiki juga berperan penting dalam kasus ini. “Kiki ternyata memiliki keterlibatan yang signifikan dari dugaan jaksa sebelumnya,” katanya.

Dikatakan, Kiki Hasibuan berperan dalam menentukan jumlah kuota jemaah pemberangkatan di setiap agen. “Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap tuntutan ketiga terdakwa nantinya, dan akan kita perdalam lagi lebih jauh keterlibatan Kiki,” tukasnya.

Selain fakta tentang keterlibatan Kiki, Lumumba juga mengatakan, para saksi mengakui jika dana-dana calon jemaah yang disetorkan ke First Travel, sebagian dikelola untuk bisnis butik dan usaha restoran Anniesa Hasibuan di luar negeri dan jalan-jalan ke Inggris. “‎Ini juga menjadi hal yang menarik, bagi kami jaksa penuntut umum,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya akan segera memanggil saksi dari ibukota Inggris tersebut. “”Kami sudah sampaikan surat pemanggilan kami kepada orang yang disana melalui kedutaan besar Indonesia yang ada di Inggris, tinggal tunggu hasilnya,” tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *