- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

ASN Pria Dapat Jatah Cuti Istri Melahirkan Anak

  • Bagikan
BKPSDM Rekrut 150 PPPK isi kekurangan PNS di Pemkot Depok

Inilahdepok.id — Tidak hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan yang bisa menikmati masa cuti melahirkan. Para ASN di Pemerintahan Kota Depok pria pun bisa ambil cuti yang sama saat istri melahirkan.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti ASN.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan SDM BKPSDM Kota Depok Selviadona mengatakan, di dalam peraturan BKN tersebut di lampiran huruf E angka 3 bahwa ASN laki-laki yang istrinya melahirkan atau operasi caesar dalat diberikan cuti.

Alasan di dalam aturan itu sebut dia, karena penting dengan melampirkan surat keterangan rawat inal dar pelayanam kesehatan.

“Kalau jumlah harinya tidak disebutkan berapa harinya,” kata Selviadona.

Aturam baru yang dikeluarkan tahun lalu sudah diimplementasikan di Pemerintah Kota Depok. Sebab, setiap aturan dari pusat yang baru tentang kepegawain pasti dilaksanakan sesuai aturan

“Sudah diterapkan kok di pemerintahan Depok,” ucap dia.

Cuti izin melahirkan bagi ASN pria jelas dia, tidak termasuk jatah cuti 12 hari selama satu tahun. Jadi cuti ini cuti izin saat istri melahirkan alasan penting jelas kata dia, berbeda dengan cuti tahunan.

Sebab, cuti izin melahirkan bagi pria ini penting. Lalu kata dia lagi ada katagori izin cuti yang penting soal dirawatnya anak, istri, suami, orang tua yang sakit keras atau meninggal dunia. “Termasuk menemani istri yang melahirkan,” ungkapnya.

Terpisah , Anggota Komisi A DPRD Kota Depok Fitri Hariono menilai cuti izin bagi ASN pria saat melahirkan istri melahirkan sudah sewajarnya.

Sebab, ini kebutuhan manusiawi karena ostri sedang mempertaruhkan hidup dan mati untik melahirkan anak sebagai titipan tuhan.

“Tapi cutinya di saat sang istri akan melahirkan saja. Misalnya sudah sembilan bulan atau lewat waktunya melahirkan,” tutup Fitri. (ctr/id)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *