- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Usung TB-Anton, Pengamat: Keputusan PDIP Brilian

  • Bagikan
TB Hasanuddin dan Anton Carliyan, calon gubernur dan wakil gubernur jabar

inilahdepok.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akhirnya memutuskan untuk mengusung TB Hasnuddin dan Irjen Pol Anton Charliyan untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Analis Kebijakan Pemerintahan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Wawan Gunawan menilai, bahwa keputusan DPP PDI-P sangat brilian dalam mengambil langkah di Pilgub Jabar. Penunjukan TB dan Anton sangat strategis dalam menghadapi kontetasi pilkada dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia.

“Ibu Mega (Megawati Soekarnoputri) sangat berani dalam hal ini. Sekaligus Ibu Mega menguji soliditas partai,” kata Wawan saat dihubungi, Minggu (7/1).

Wagoen biasa disapa, memprediksi, jika PDI-P mampu merebut kemenangan di Pilgub Jabar, maka soliditas kader partai berlambang banteng moncong putih akan menjadi virus positif bagi kader PDI-P di provinsi lain.

Hal itu sangat bagus bagi PDI-P. Pasalnya modal kemenangan di Pilgub Jabar, akan dibawa untuk menghadapi Pilpres 2019 yang akan datang.

“Jika paket PDI-P di Jabar berhasil memenangkan pilkada, maka soliditas gotong-royong kader PDI-P Jabar dapat menjadi virus positif bagi kader-kader PDI-P di provinsi lain. Jika begitu maka bagus bagi modal mensukseskan pilpres,” papar Wagoen.

Keputusan PDI Perjuangan di Pilgub Jabar, tambah dia, merupakan gambaran dari Megawati yang meragukan kualitas koalisi yang selama ini beredar dan lazim di pilkada. Menurut waoen, koalisi yang banyak beredar hanya sebatas akal-akalan saja untuk melahirkan penguasa.

“Ini menggambarkan bahwa Ibu Mega meragukan kualitas koalisi yang memang selama ini koalisi itu lebih banyak dijadikan alat akal-akalan saja untuk melahirkan penguasa baru, ketimbang sebagai alat untuk melahirkan seorang pemimpin,” tutur Wagoen. (id***)

  • Bagikan