Kemenpar Ajak Warga Depok Sadar Wisata

Kemenpar Ajak Warga Depok Sadar Wisata

Inilahdepok.id – Kementrian Pariwisata Republik Indonesia pada Senin (7/8) mengajak dan mencanangkan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Situ Pengasinan, Kecamatan Sawangan. Kegiatan Tersebut turut dihadiri oleh Walikota Depok Idris Abdul Shomad, anggota DPR RI Nuroji dan Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Pariwisata Indonesia Oneng Setyaharini

Oneng Setyaharini mengatakan menurut Undang-Undang No 10 tahun 2009 wisata adalah kegiatan perjalan seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara. “Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan Pemda masing-masing wilayah,” katanya, Senin (7/8/2017).

Dalam upaya peningkatan dan pembinaan sadar wisata dalam pengembangan pariwisata, Oneng menambahkan Kementrian Pariwisata membuat satu konsep yang bernama Sadar Wisata. “Kami buat konsep sadar wisata sebagai langkah partispasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat atau wilayah,” ujarnya.

Menurutnya masyarakat bisa sebagai tuan rumah yang memiliki peran dan partisipasi masyarakat dalam menciptakan iklim yang kondusif atau Sapta Pesona yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di wilayahnya. “Kami rasa masyarakat tidak hanya sebagai host akan tetapi mereka juga memiliki peran sebagai pelaku atau wisatawan untuk mengenali, mempromosikan kepariwisataan daerahnya sekaligus menggerakan mata rantai keperawisataan wilayahnya,” tukasnya.

Dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan pariwisata diperlukan dukungan penciptaan iklim dan suasana yang kondusif bagi tumbuh berkembangnya kepariwisataan. Dia menambahkan, dalam upaya menciptakan Sapta Pesona pihaknya mengajak masyarakat di sekitar lokasi wisata untuk mewujudkan unsur-unsur sapta pesona seperti aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. “Dengan menciptakan hal itu kita bisa menciptakan lingkungan yang aman bagi para wisatawan dan berlangsungnya kegiatan kepariwisataan sehingga tidak ada wisatawan yang merasa cemas sehingga bisa menikmati kunjujgannya ke suatu destinasi wisata,” paparnya.

Di lokasi sama anggota DPR RI Nuroji menambahkan, bidang pariwisata bisa menjadi penyumbang PAD terbesar di Depok. Oleh karenya dia mengajak Pemkot Depok agar bidang pariwisata di Depok untuk digali potensi yang ada sehingga Pariwisata bisa terwujud dimana sebelumnya Depok pariwisatanya belum terwujud. “Kami lihat semua daerah sudah mengembangkan wisata yang sudah ada dan wisata yang dibuat manusia dan wisata alam yang ada di Kota Depok,” katanya.

Ditegaskan, Depok memiliki potensi lokasi wisata yang patut di kunjungi seperti Rumah Keramik, Kampung Budaya, dan lokasi wisata lainnya. Jika lokasi wisata itu di kelola dengan baik maka bisa dijadikan destinasi wisata di Depok. “Saat ini Depok masih jarang ada lokasi wisata,” ucapnya.(cz/id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *