Minta Warga Ikut Awasi Bantuan Operasional Sekolah

MENDENGARKAN : Anggota DPRD Kota Depok Turiman (pegang mik) mendengarkan aspirasi warga di kawasan Kecamatan Sukmajaya

Inilahdepok.id-Kegiatan reses Anggota Fraksi Gerindra, Turiman meminta kepada warga yang ikut kegiatan tersebut untuk bisa mengawasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Agar masyarakat mengetahui dana BOS yang diperoleh sekolah ke siswa. Pihak wali murid atau orangtua ikut mengawas soal dana BOS. 

Pasalnya, penggunaan dana tersebut merupakan dana besar yang diperuntukkan untuk kemajuan anak-anak. Hal tersebut diungkapkan Turiman saat mengadakan reses di Dapil Sukmajaya.

Bacaan Lainnya

“Orang tua murid harus ikut serta membantu dalam pengawasan penggunaan dana BOS. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan,” ungkap Politikus Partai Gerindra.

Turiman menyebutkan dalam resesnya bahwa dana BOS digunakan untuk operasional sekolah negeri dan swasta tingkat SD,SMP,dan SMK.

Pengunaan dana itu lanjut Turiman diatur dalam  Permendikbud nomor 8 tahun 2017 tentang Juknis dana BOS.

“Dana BOS untuk semua sekolah. Tidak ada terkecuali, karena itu harus di awasi,” katanya.

Dirinya mencontohkan, seperti kegiatan tour sekolah negeri yang saat ini sudah dicover oleh dana BOS. Tapi, untuk sekolah swasta meskipun telah menerima dana BOS boleh meminta sumbangan melalui komite sekolah, tetapi seharusnya harus ada kajian nominalnya.

“Karenanya, dari awal saya jadi anggota dewan Perda kajian nominal sumbangan ini yang saya terus perjuangkan,” kata Turiman.

Ia juga menjelaskan, ada tiga belas item wajib anggaran dari dana BOS.  Diantaranya adalah untuk pengembangan perpustakaan, kegiatan PPDB, pembelajaran ekstrakurikuler, ulangan dan ujian, pembelian bahan habis pakai, Langganan Daya dan Jasa, Perawatan/Rehab dan Sanitasi, Pembayaran Honor Bulanan, dan Pengembangan Profesi GTK.

“Terutama membantu siswa miskin, pembelian dan perawatan komputer serta biaya lainnya masuk juga kedalam apa yang ditanggung dana BOS,” tutupnya. (ctr/id)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *