- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Syaikhu Balon Gubernur Internal PKS Sambangi Depok

  • Bagikan
Syaikhu Baka; Calon Gubernur dari Internal PKS

Inilahdepok.id –  Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu masuk dalam bursa bakal calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Barat 2018 dari internal partai tersebut. Maka dari itu, Syaikhu melakukan kunjung ke Kota Depok dalam acara halal bihakal bersama para kader PKS di Kota Depok.

Acara yang itu digelar oleh Yayasan Bina Usaha Masyarakat Mandiri  (BUMM) pada Sabtu (08/07), dihadiri oleh Anggota Fraksi PKS DPR RI Mahfudz Abdurrahman  Dapil Bekasi dan Depok, ketua DPD PKS Hafid Nasir, dan tokoh masyarakat dan relawan yang selama ini bergerak dalam bidang sosial keagamaan.

Di kesempatan itu, Syaikhu mengajak para kader dan warga sekitar untuk menghayati filosofi yang dianut sebagai masyarakat Jawa Barat mengenai ‘ketupat’.

Sebab, perayaan Idul Fitri ini tentunya ada suatu hal yang tidak terpisahkan dari umat Islam di Indonesia dengan menyediakan makanan khas yaiu ketupat.

“Di sebagian masyarakat Jawa Barat ketupat ini disebut juga “Kupat” yang mengandung arti “laku sing papat”  atau empat tindakan dalam perayaan Lebaran, yaitu Lebaran, Luberan, Leburan, dan Laburan,” kata Syaikhu.

Jadi sambung dia, makna lebaran itu adalah usai yang menandakan berakhirnya waktu puasa dengan pintu ampunan telah terbuka lebar. Sedangkan,  Luberan bermakna meluber atau melimpah sebagai simbol ajaran bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

Sementara,Leburan maknanya adalah habis dan melebur yang berarti dosa dan kesalahan kita akan melebur habis karena setiap umat Islam dituntut untuk saling memaafkan satu sama lain.

“Lalu laburan berasal dari kata labur atau kapur.  Dimana kapur adalah zat yang biasa digunakan untuk penjernih air maupun pemutih dinding, maksudnya supaya manusia selalu menjaga kesucian lahir dan batin satu sama lain,” bebernya.

Anggota Fraksi PKS Mahfudz Abdurrahman, menyampaikan bahwa harus menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. Itu kata dia penting dilaksanakan.

“Terlebih juga menekankan pentingnya merawat kebersamaan dengan masyarakat,” kata Mahfudz.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Depok, Hafid Nasir menjelaskan bahwa kegiatan halal bihalal ini  memang sudah diprogramkan pihak pengurus partai dari tingkat kota hingga DPC PKS mengelar halal bihalal.

“Sabtu dan Minggu pekan depan ada acara halal bihalal di kecamatan Sukmajaya,Cinere, dan Tapos. Sebelumnya dilakasanakan di tiga DPC PKS yakni Pancoranmas,Cimanggis, dan Cilodong,” bebernya.

Namun prihal kedatangan Ketua DPW PKS Jawa Barat ke acara halal bihalal yang digelar ini bukan untuk menyosalisasikan dirinya sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari internal PKS.

“Melainkan, pak Syaikhu  datang ke acara sebagai kapasitas ketua DPW PKS Jawa Barat,” katanya.  (ctr/id)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *