DPC Kwartab Jakarta-Jawa Barat-Banten Saling Memaafkan

MEMAAFKAN : Keluarga besar DPC Kwartab Jakarta, Jawa Barat, dan Banten saat melaksanakan giat halal bihalal di Seketariatnya di RT02/3, Kelurahan Depok, Pancoranmas

Inilahdepok.id – DPC Kerukunan warga Tanjung Balik (Kwartab) Jakarta,-Jawa Barat-Banten (JJB) yang merupakan paguyuban minang mengelar halal bihalal di kantor Seketariatnya di RT2/3, Kelurahan Depok, Pancoranmas, pada Sabtu (1/7).

“Halal bihalal ini tiap tahun dilaksanakan, kecuali program pulang bersama, yang dilakukan tiap tiga tahun sekali. Di tahun 2016 lalu kami pulang kampung ke Tanjung Balik, Kabupaten Solo, Padang,” ungkap Ketua DPC Kwartab Jakarta-Jawa Barat- Banten, Martias, iniladepok.id, Minggu (2/7).

Bacaan Lainnya

Halal bi halal yang dilakukan ini, kata Martias sebagai bentuk memperkuat tali silaturahmi antar anggota yang tersebar di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

“Inti dari giat ini untuk membangun Kwartab yang harmonis,” kata dia.

Martias pun menambahkan bahwa Kwartab ini sudah dibentuk pada 1963 tahun lalu yang pusatnya di Jakarta kala itu.

Namun di 1979, paguyubang ini dialihkan ke Kota Depok. Dari tahun ketahun, sambung dia, kini sudah ada 16 cabang di seluruh Indonesia, termasuk di luar negeri yaitu di Malaysia.

“Semenjak pindah di Depok, Kwartab ini berkembang pesat, sekarang pusatnya (DPP) ada di Padang, Tanjung Balik,” bebernya dia.

Tujuan dibentuk Kwartab sambung dia, yakni silaturahmi antar warga Minang, khususnya  dari Tanjung Balik ini kuat dan saling tolong menolong.

Terlebih, kata dia lagi, Kwartab ini dibentuk dari para orang terdahulu yang lebih awal merantau di pulau Jawa.

“Kini kami sudah memiliki yayasan Usantun Hasanah yakni MTQ dan TPA, dan tiap bulan selalu digelar pengajian dan sudah memiliki koperasi. Terlebih sekarang warga Kwartab ada 225 kartu keluarga dengan ditotalkan ada 975 jiwa, dimana yang tinggal di Depok ada 602 jiwa,” bebernya.

Sesepuh Kwartab, Kasalari Paliyang, mengucapkan banyak terimasih atas kehadiran anggota atau warga Kwartab yang tersebar di tiga provinsi di acara halal bihala.

“Kami wakili pendahulu yang hadir, berharap jangan memutuskan silaturahmi dan acara ini harus terus dilaksanakan. Kecuali ada pulang bersamo. Kami yang lebih tua terus mendokan, semoga Kwartab lebih maju dan jagalah keimanan kita dan menguatkan keikhalasan dan memperkuat kepedualian antar warga Tanjung Balik,”ungkap Kasalari saat sambutanya. (ctr/id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *