Menteri Agama: Lebaran Besok Minggu 25/6

Inilahdepok.id – Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang Isbat di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, pada pukul 17.00 WIB tadi. Sidang digelar untuk menetapkan jatuhnya 1 Syawal 1438 Hijriah atau akhir Ramadan.

Sejumlah perwakilan ormas Islam di seluruh Indonesia dan para duta besar negara sahabat hadir dalam pelaksanaan sidang Isbat tersebut.

Bacaan Lainnya

Selain itu, sidang juga akan dihadiri perwakilan dari beberapa instansi, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) juga ikut dalam sidang isbat penentuan awal Syawal 1438 H ini.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, hasil sidang Isbat menetapkan bahwa 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada Minggu 25 Juni 2017. Hal itu berdasarkan hasil pemantauan hilal (bulan) di sejumlah daerah di Indonesia.

“Atas laporan tersebut, kita sudah memasuki 1 Syawal. Alhamdulillah seluruh umat Islam akan bersama-sama memasuki 1 Syawal dan bersama-sama melaksanakan salat Id pada besok pagi pukul 07.00 WIB,” kata Lukman di Kantor Kemeneg, Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

Maka, dengan ditetapkannya 1 Syawal besok, maka akhir Ramadan ini seragam dengan keputusan Muhammadiyah. Ormas Islam yang didirikan KH Ahmad Dahlan ini sebelumnya menetapkan 1 Syawal pada Minggu 25 Juni 2015. Dengan begitu, perayaan Hari Raya Idulfitri akan berlangsung secara serentak di seluruh di Indonesia.(vip/id/l6)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *