Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan Sabtu Esok

ilustrasi

inilahdepok.id – Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan awal Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 27 Maret 2017. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) ‎Lukman Hakim Saifuddin bersama dengam Dirjen Bimas Islam, Majelis Ulama Indonesia ‎(MUI), Komisi VIII DPR, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah.

“Maka denhan dua hal hitungan hisap dan rukyat dan malam ini sudah memasuki satu Ramadan dan karena itu Sabtu 27 Maret 2017 akan mengawali puasa bulan Ramadan tahun ini,” jelas Lukman di Kantor Kemenag, Jakarta (26/5/2017).

Menurut dia, kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yakni perhitungan hisap dan laporan petugas yang tersumpah yang melakukan pemantauan hilal langsung.‎ Petugas kata Lukman melihat langsung hilal di empat tempat, yakni Kepulauan Seribu, Sulawesi Utara, Jawa Timur dam Kepulauan Riau.

“Jadi berdasarkan hisap ketinggian hilal 8.51 derajat, dengan jarak busur matahari 8.73 derajat dan umur hilal 14 jam,” ujarnya.

Oleh karna itu pemerintah mengucapkan selamat menjalankan puasa bagi umat Islam di Indonesia dan mudah-mudahan bisa menjaga kesucian di bulan Ramadan ini.

“Dan semoga bisa mejalani seluruh bulan Ramadan ini,” tuturnya.(vip/id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *