Damkar Depok Sebar 400 Apar di Wilayah Sulit Terjangkau

Kesiagaan 24 Jam Damkar Depok

inilahdepok.Id – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Yayan Arianto mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan bantuan apar (alat pemadam) dan penyuluhan kepada warga Kota Depok di tiap daerah yang  sulit terjangkau mobil pemadam kebakaran.

“Ini merupakan tahap awal dalam penanganan terjadinya kebakaran,” ucap Yayan, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, pemberian apar dan penanganan utama terjadinya kebakaran memang sudah diatur dalam Peraturan Mentri Pekerja Umum nomor 26 Tahun 2008 tentang persyaratan sistem proteksi kendaraan pada gedung dan lingkungan.

Kemudian ditambah lagi Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 10 Tahun 2010 tentang Menajemen penangulangan kebakaran di lingkungan.

“Di pemerintahan daerah lain, baru akan mewacanakan, tapi kami (Pemkot Depok)  sudah menerapkan di basis pemerintaha terkecil yaitu tingkat RT,” katanya.

Kepala Seksi Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran, Udara Kodratullah, menjelaskan bahwa pemberian  apar ke masyarakat yang tinggal di kawasan sulit dijangkau. Seperti di daerah pemukiman dekat rel reketa api.

“Kami berikan apar untuk pencegahan awal terjadi kebakaran,” kata Udara.

Alat itu sudah disebar sebanyak  40 RT dari perbatasan Depok -Jakarta dan Depok Bogor dengan total apar sebanyak 400 buah.

“Sudah kami berikan, ini sangat bermanfaat bagi warga. Karena kejangkauan akses masuk ke titik kebakaran daerah sempit memakan waktu cukup lama, paling tidak adanya apar ini bisa menangulangan sementara,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, recana kedepan pihaknya akan memberikan ke daerah-daerah lain yang sulit terjangkau. Namun masih dalam kajian dan survei ke lapangan.

“Akan menyeluruh ke kawasan sulit, seluruh kota ini,” Tandasnya. (ctr/id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *