Sidang Hari Ini Ahok Bacakan Pleidoi

Inilahdepok.id – Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) untuk kesekian kalinya menggelar sidang dugaan penodaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pada Sidang ke-21 seperti biasa akan digelar di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan) dengan agenda pembelaan terdakwa alias pleidoi Ahok dan yang akan disampaikan penasihat hukumnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sidang sebelumnya, Kamis 20 April 2017, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Ahok 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.

“Dengan ini kami meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman pidana kepada Basuki Tjahaja Purnama( Ahok), yaitu 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun,” kata Ketua Tim JPU Ali Mukartono saat membacakan tuntutan.

Ahok, menurut Ali, terbukti bersalah dan karenanya dijerat pidana dengan Pasal alternatif 156 tentang Penodaan Agama.

Perihal yang memberatkan Ahok adalah perbuatannya yang menimbulkan keresahan di masyarakat dan kesalahpahaman.

“Sementara hal-hal yang yang meringankan, terdakwa (Ahok) menjalani persidangan dengan baik, bersikap baik, membangun Jakarta,” terang Ali Mukartono.

Sebelumnya, Ahok didakwa Pasal 156a KUHP dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara. Sedangkan, dakwaan alternatif kedua mencatut Pasal 156 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara.(ctr/id**)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *