Budayawan M Sobary: Ahok Korban Politik Serakah

Ahok saat menjalani proses persidangan

Inilahdepok.id – Budayawan, mantan Pemimpin Umum KBN Antara, Mohamad Sobary, mengatakan, kasus yang menimpa Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bukanlah sebuah penistaan agama. Menurut dia, Ahok hanyalah korban keserakahan politik.

“Mereka yang justru menistakan Islam secara nyata, tapi Ahok yang dituduh berbuat begitu. Ini ketidakadilan di atas ketidakadilan,” beber Shobary, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (29/3/2017).

Bacaan Lainnya

Budayawan yang biasa disapa Kang Sobary itu menyatakan, apa yang dilakukan terhadap Ahok merupakan cermin keagamaan yang tidak sehat. Agama yang inklusif dibuat menjadi eksklusif dan toleran dibuat menjadi intoleran.

“Dihancurkan demi ambisi politik yang tidak menghargai status, hak dan bagian orang lain,” tegas dia.

Kang Sobary, menuturkan semua warga negara memiliki hak yang sama. “Tapi dicaplok dengan penuh keserakahan dengan dalil agama,” ujar Sobary.

Karena itu, tambah dia, masyarakat harus belajar dalam beragama dan menggunakan nalar sehat.

“Tidak boleh taklid buta dan membabi buta ikut pemimpinnya tanpa penalaran yang sehat,” tambah  dia.

Pemimpin, kata dia, punya tanggung jawab memimpin dan memberi teladan. Jika pemimpin tidak bertanggung jawab, kepemimpinannya batal.

Seperti diketahui, Ahok tengah dijerat kasus dugaan penistaan agama akibat pidatonya yang mengutip surat Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu.

Hingga kini kasus Ahok masih disidang di Pengadilan negeri Jakarta Utara. Persidangan ke-16 hari ini memiliki agenda mendengar keterangan sejumlah saksi dari pihak terdakwa atau Ahok.(t/id/*l6)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *