Belimbing Sebagai Icon Depok Bakal Dievaluasi

Belimbing Dewa

Inilahdepok.id – Wacana akan adanya perubahan belimbing sebagai icon Kota Depok dengan icon lainnya sepertinya bakal jadi kenyataan.

Pemerintah Kota Depok saat ini sedang melaksanakan evaluasi dan survei terhadap icon buah tersebut. Hasilnya, hanya dua persen masyarakat Depok yang mengetahui belimbing sebagai icon Depok, Kamis (16/03/2017).

Bacaan Lainnya

Walikota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad mengatakan, tidak menampik akan diubahnya icon Depok yang saat ini dikenal belimbing sebagai icon.

Menurut dia, Belimbing merupakan hasil pertanian yang sempat populer dan booming di Kota Depok. Namun, secara icon yang terdokumen memang tidak ada yang menuliskan bahwa Kota Depok memiliki icon buah tersebut.

“Tidak ada dokumentasikan secara dokumen negara bahwa Kota Depok memiliki icon belimbing,” ujar Idris (16/03/2017).

Dia menjelaskan, icon belimbim yang menjadi brand Kota Depok dinilai hanya icon kultural. Dia menilai, pada saat itu Depok menjadi rujukan produksi Belimbing Dewa.

Setelah dilaksanakan evaluasi terdapat sejumlah pertimbangan lain terhadap belimbing sebagai icon Depok.

Namun, setelah Pemkot Depok melaksanakan survei hanya dua persen masyarakat Depok yang mengetahui dan bergarap belimbing menjadi icon Depok. Selain itu, sambung Idris evaluasi icon belimbing telah dilakukan dengan berbagai sektor, salah satunya terhadap produksi buah tersebut.

Depok hanya memiliki lahan pertanian belimbing kurang dari sembilan hektar. Idris melihat, pertanian belimbing di Kota Depok merupakan milik private, sehingga produksi belimbing tergantung dari pemilik lahan tersebut.

“jika ternyata penghasilan dari pertanian belimbing tidak dapat meningkatkan kesejahteraan, bukan tidak mungkin lahan pertanian mereka diubah untuk kepentingan mereka yang lain,” tutur Idris.(ctr/id/ps)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *