Satlantas Depok, Bakal Terapkan Contra Flow di Margonda

Pemandangan kemacetan Kota Depok

Inilahdepok.id – Satuan Lalu Lintas Polresta Kota Depok bakal menerapkan contra flow di Jalan Margonda Raya dan jalan H Juanda, Depok, Langkah ini diambil bertujuan untuk mengurai kepadatan kendaraan pagi dan sore hari.

Kasat Lantas Polresta Depok, Komisaris Sutomo, mengatakan jika cara ini mampu mengurangi kemacetan hingga 90 persen.

Bacaan Lainnya

“Ini menindaklanjuti kemauan warga Depok yang berkantor di Jakarta. Setiap pagi di Jalan Juanda dan Margonda antre panjang,” kata Sutomo, Jumat (10/3/2017).

Kebijakan contra flow ini akan dimulai diterapkan 13 Maret 2017 dan diberlakukan setiap Senin hingga Jumat. Secara teknis, pada pukul 06:00 WIB-08:00 WIB, pengendara dari arah Selatan dan Timur yang hendak menuju ke Utara atau Jakarta akan menggunakan tiga jalur.

Kemudian, pada Pukul 16:00 WIB-18:00 WIB, hal yang sama berlaku untuk arah Jakarta menuju Depok.

“Jalur yang biasa dari arah Jakarta ke Depok diambil satu jalur dengan dipasang kun-kun. Sebaliknya juga sama,” terang Sutomo.

Dia menjelaskan, pada pagi hari contra flow akan diberlakukan mulai dari Jalan Juanda dekat Soto Kudus, sampai ke Jalan Raya Akses UI Depok.

Pada sorenya dari Jalan Margonda Raya Depok (Pintu Selamat Datang Depok) sampai pertigaan Jalan Arief Rahman Hakim, Kota Depok.

Terkait masalah ini, Dia mengaku pihaknya telah mensosialisasikan kebijakan contra flow. Di antaranya melalui pemasangan spanduk dan beriklan di radio.

“Kami pagi tadi juga sudah melakukan simulasi,” tutup Sutomo.

(ctr/id/l6)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *