Deklarasi Gempita: Rawat NKRI dan Siap Jadi Jembatan Bagi Kaum Marhaen

Inilahdepok.id – Disintegrasi yang mengancam Bangsa semakin mengkwatirkan. Salah satunya sebagai pemicu adalah adanya bermacam konflik yang mnyeret SARA yang menghujam Bangsa akhir-akhir ini.

Sebagai satu faktor penyebab, masyarakat kini mulai mengesampingkan nilai-nilai Pancasila 1 juni 1945 sebagai falsafah Bangsa Indonesia. Termasuk pemikiran dan ajaran Bung Karno yang senantiasa mengajarkan arti pentingnya Gotomg-Royong, persatuan dan kesatuan Bangsa.

Bacaan Lainnya

Berawal dari itulah, Gerakan Marhaen Pembela dan Cinta Tanah Air (Gempita) lahir sebagai upaya mengingatkan kembali semangat ajaran Bung Karno. Terutama dalam konteks pemberdayaan sosial dan ekonomi sesuai Ideologi Pancasila 1 Juni 1945.

Ketua Dewan Pembina Gempita, Totok Towels mengungkapkan, Organisasi nya lahir atas dasar kesamaan pemikiran dan kecintaan terhadap ajaran – ajaran Bung Karno. Khsususnya keberpihakan terhadap Wong Cilik.

 

Ketua Dewan Pembina Gempita, saat sampaikan Orasi Deklarasi

“Fokus kami ke depan adalah melakukan pemberdayaan masyarakat di tiap sektor secara proporsional sesuai sumberdaya yang kami miliki. Tujuannya akan jadi jembatan kaum marhaen dalam meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujar dia disela-sela acara Deklarasi Gempita di kawasan Grand Depok City, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (15/1).

“Dan perlu diingat, demi mewujudkan cita-cita Gempita, sebagai penopang jalanya seluruh program, banyak yang mengabdikan dirinya bersama Gempita , mulai orang-orang intelek. Akademisi, teknokrat, sampai pengusaha, yang patut disyukuri, mereka semua memiliki visi yang sama dalam satu wadah Gempita, peduli dan mau bergotong-royong,” tegas dia.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, Ketua Umum Gempita, Guru Jhon Saputra, serta sejumlah pengurus teras Gempita.

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengungkapkan, keberadaan organisasi Gempita di Depok ini sangat di apresiasi dan didukung. Apalagi keberadaan Gempita ini muara dan tujuannya adalah sama-sama untuk membela masyarakat serta mendukung program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Karenanya kedepan Gempita diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah untuk membangun Depok menjadi lebih baik lagi.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna. Pidato sambutan saat Deklarasi Gempita

“Kami akan mendukung keberadaan Gempita di Kota Depok. Apalagi bila Gempita mempunyai tujuan yang sama. Yaitu bersinergi dengan pemerintah untuk membela dan memperjuangkan wong cilik, bangsa dan negara. Kenapa tidak,” tegasnya kepada awak inilahdepok.id. minggu dibilangan Grand Depok City.

Dirinya juga menambahkan, kegiatan yang diwadahi dalam sebuah organisasi sudah pasti rencana programnya sudah terukur dan ada target. Apakah programnya khusus bersifat tematik atau fleksibel maupun bersinergi dengan pemerintah. Nantinya akan berujung dalam kerjasama dengan seluruh elemen dalam membangun Kota Depok demi kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, dalam sambutannya, Ketua Gempita Guruh Jhon Saputra mengungkapkan, Gempita akan bersinergi dengan seluruh stakeholder (pemangku pentingan).  Tujuannya, mendukung secara penuh pelaksanaan pembangunan.

“Gempita sebagai poros gerakan pemberdayaan masyarakan, tidak mungkin berdiri sendiri. Kami hadir untuk bersinergi, berbagi, dan mengabdi,” ujar dia.

Ketua Umum Gempita, Guruh Jhon Putra memotong pita saat acara deklarasi di Kawasan Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Minggu (15/2). Tampak hadir Ketua Dewan Pembina Gempita, Totok Towels (tiga dari kiri, berbaju putihj).

“Maka dari itu, sudah menjadi keniscayaan ketika Gempita berjalan berdampingan dengan stakeholder, di antaranya pemerintah dan pelaku usaha,” sambung Jhon.

Jhon menegaskan bahwa Gempita akan fokus meningkatkan kualitas SDM para Wong Cilik. Dia prihatin lantaran masih banyaknya kelompok masyarakat yang tertinggal.

“Semoga dengan konsep pemberdayaan organisasi kami, mereka-mereka ini nantinya bisa berdaya,” pungkasnya.(tt/ole/id)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *