Inilah 4 Tempat Yang Wajib Kita Kunjungi Ketika Umroh

Gua Hira

Inilahdepok.id – Menunaikan ibadah umroh adalah keinginan bagi umat muslim di dunia ini. Umroh juga menjadi salah satu ibadah yang mampu membuat kita menjadi lebih dekat kepada Sang Pencipta.

Saat kita berkesempatan umroh untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Sang Illahi, tak lupa juga isi kegiatan umroh kita dengan berziarah dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang akan menambah wawasan kita agama islam kita bertambah.

Untuk itu ada baiknya kita simak dan jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi 4 tempat wajib ini saat kita jalankan ibadah umroh:

Pertama : Gua Hira

Gua merupakan lokasi di mana wahyu Allah pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Gua yang berlokasi di Jabal Nur ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 3,2 km dari Mekkah.

Gua ini menjadi salah satu objek wisata religi yang sering dijelajahi para umat muslim sedunia yang datang untuk pelaksanaan haji dan umroh.

Bisa dibilang gua ini menjadi tempat favorit Nabi Muhammad SAW untuk menyendiri. Jika Anda ingin ke sini pastikan fisik sedang dalam kondisi bugar dan sehat karena lokasinya berada pada tebing dengan tanjakan yang tajam.

Kedua : Makam Baqi

Biasa dan lebih dikenal dengan Tree Garden of Heaven atau Jannat Al-Baqi, tempat ini merupakan wisata religi dan sejarah yang tak boleh terlewatkan dan harus Anda kunjungi juga. Jannat Al-Baqi yang ada di Arab Saudi ini merupakan lokasi sakral bagi umat muslim karena ini tanah pemakaman dengan sisa-sisa peninggalan dari keluarga dan para sahabat Nabi Muhammad SAW.

Ketiga : Bukit Magnet atau Jabal Magnet

Bagi warga asli Madinah menyebut Jabal Magnet sebagai tanah putih-Manthaqotul Baido. Terletak kira-kira sekitar 60 kilometer dari kota Madinah dengan pemandangan perbukitan di kanan dan kiri yang bisa memanjakan mata sambil merasakan indahnya ciptaan Tuhan.

Keempat : Percetakan Mushaf Al-Quran

Percetakan ini hanya bisa dikunjungi oleh kaum pria. Tidak itu saja pengunjung tidak diperbolehkan melihat dari jarak dekat (hanya boleh dilihat dari balkon). Percetakan Mushaf Al-Quran dibangun dari tahun 1405 H atau 1984 Masehi di areal 4500 meter persegi yang berada di kompleks malik fahd Madinah. Para pengunjung bisa membawa pulang Al-Quran dengan gratis setelah selesai melakukan kunjungan.

Nahh…Sudah siapkah Anda melakukan ibadah umroh sekaligus berwisata religi ke tempat bersejarah umat muslim? Untuk bisa melakukan ibadah umroh, Anda tidak hanya perlu membuat perencanaan dan mencari tahu tempat-tempat apa saja yang bisa kita kunjungi. Persiapan mental, fisik, termasuk finansial pun perlu diperhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *