Tempat Ahok Akan di Sidang Jadi Dilema

Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok )

Inilahdepok.id – Tinggal menghitung hari, perkara dugaan penodaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan digelar. Status Gubernur DKI non aktif itu pun meningkat jadi terdakwa dengan dibacakannya dakwaan jaksa penuntut umum.

Pihak kepolisian memprediksi sidang ini akan menyita perhatian banyak orang. Polisi pun menunggu data intelejen tentang jumlah warga yang akan hadir dalam sidang tersebut dalam rangka menyiapkan pengamanan.

Bacaan Lainnya

Sebab itulah, dari jauh hari, Polri menyarankan agar sidang dilaksanakan tidak di pusat Ibu Kota. Rencananya, Pengadilan Negeri Jakarta Utara akan menggelar sidang Ahok di gedung bekas PN Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada. Gedung tersebut letaknya dekat dengan pusat perekonomian dan Istana Kepresidenan.

Polri kemudian merekomendasikan dua tempat sebagai tempat sidang Ahok pada 13 Desember 2016. Dua lokasi itu yakni PRJ Kemayoran dan Camping Ground Cibubur.

“Polri memberikan saran dan masukan. Beberapa waktu lalu kami sampaikan, termasuk lokasi untuk sidang di PRJ Kemayoran dan Camping Ground Cibubur,” Terang Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto, di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (7/12/).

Dia menjelaskan, faktor keamanan yang menjadi alasan utama pihaknya merekomendasikan dua tempat tersebut sebagai lokasi digelarnya sidang Ahok. Sebab, diprediksi massa juga akan turut menyaksikan jalannya sidang.

“Hal tersebut diperkirakan karena jumlah pengunjung yang akan menyaksikan sidang tersebut. Sehingga Polri akan membuat rencana pengamanan,” papar Rikwanto.

Namun, keputusan tetap ada di tangan PN Jakarta Utara. Hingga Rabu 7 Desember 2016, PN Jakarta Utara mengaku belum berencana memindahkan tempat sidang Ahok. Walaupun, pihaknya tidak akan menutup mata dengan masukan-masukan Polri.

“Sampai sejauh ini belum ada rencana seperti itu dari pengadilan,” ujar Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Hasoloan Sianturi.

Sementara, Ahok sendiri tidak keberatan jika sidang perdananya pada Selasa 13 Desember mendatang, digelar di Cibubur. Dirinya hanya mengeluhkan jarak yang menjadi lebih jauh dari rumahnya jika persidangan digelar di Cibubur.

Namun, dia mengaku belum menerima surat panggilan dengan lokasi persidangan yang baru.

“Saya enggak tahu. Surat yang saya terima masih di Gajah Mada (bekas Gedung PN Jakarta Pusat),” ujar Ahok  di Rumah Lembang, Jakarta, Kamis 8 Desember 2016.(ctr/id/l*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *